TBS - Pengendalian Hama tikus dengan Tanaman Perangkap -->

Translate

TBS - Pengendalian Hama tikus dengan Tanaman Perangkap




"Masa-masa sekarang memang tikus yang sering mengganggu. Selain tikus, ulat juga ada," ujarnya, belum lama ini. Ia juga mengatakan, serangan hama tikus cukup membuat petani kewalahan. Para petani harus ekstra ketat mengawasi tanamannya.

Hama tikus relatif sulit diatasi. Meskipun saat ini mulai memasuki musim penghujan, namun populasi tikus tidak jauh berbeda dengan musim kemarau. "Jumlahnya pun lumayan banyak. Khawatir juga kalau tidak cermat bisa-bisa habis padi dimakan tikus.

Tikus sawah sebagian besar tinggal di persawahan dan lingkungan sekitar sawah. Hewan pengerat ini suka menggali liang untuk berlindung dan berkembang biak, membuat terowongan atau jalur di sepanjang pematang dan tanggul irigasi.

Selain tikus, para petani juga mengeluhkan hama ulat juga mulai mengganggu. Ulat berwarna kehijauan kerap ditemui pada tanaman padi. Namun, petani sedikit terbantu dengan kehadiran hewan pemakan hama sejenis capung yang mereka sebut dengan predator.

"Untung ada predator yang bantu membasmi ulat. Tapi tetap saja harus sering dimonitor padinya. Kalau tidak bisa-bisa nanti hanya panen jerami saja

Dibawah ini akan saya berikan sebuah tutorial video tentang TBS (Trap Barier System), Ini Merupakan Pengendalian hama tikus dengan tanaman Perangkap



Diupload tanggal 14 Des 2011
  • Kategori

  • Lisensi

    • Lisensi YouTube Standar


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI