KOMPOSTER SUMUR RESAPAN -->

Translate

KOMPOSTER SUMUR RESAPAN

sumur resapan blog, sumur resapan biaya, sumur resapan biopori adalah, sumur resapan cad, sumur resapan cepat penuh, detail sumur resapan cad, sumur resapan limbah cair, contoh sumur resapan, pengertian sumur resapan dan cara membuatnya, cara sumur resapan, contoh sumur resapan air, pengertian sumur resapan dan contohnya, sumur resapan dalam, sumur resapan dwg, sumur resapan dibuat dengan tujuan, sumur resapan dan biopori, sumur resapan dusaspun, sumur resapan dalam bahasa inggris, sumur resapan dan septic tank, sumur resapan dki, sumur resapan dki jakarta, sumur resapan dangkal, sumur resapan english, apakah sumur resapan efektif untuk mencegah banjir, apakah pembangunan sumur resapan efektif untuk mencegah banjir, selain membuat sumur resapan etika di daerah pemukiman adalah, pengertian situ sumur resapan embung, efektivitas sumur resapan, ebook sumur resapan, evaluasi sumur resapan, sumur resapan fungsi, sumur resapan dan fungsinya,

Disalin dan ditulis kembali dari artikel milik Bpk Sobirin
Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 31 Maret 2012
Foto: Sobirin, 2012, Komposter Sumur Resapan

Membuat kompos itu gampang sekali, gali lubang, masukkan sampah organik, tuangkan MoL, lalu timbun lagi, dalam tempo 1 (satu) bulan telah dapat dipanen. Saya mencoba memanfaatkan celah sumur resapan untuk membikin kompos. Bahan kompos spesial dari sampah daun-daun kering di pekarangan rumah.

Lubang sumur resapan ini berkapasitas panjang 60 cm, lebar 60 cm, kedalaman 1 m. Awalnya terbukti khusus bertujuan sebagai sumur resapan. Tahap atas diperkuat dengan bata 1 (satu) baris yang disemen, supaya tak longsor. Tahap dalam dibiarkan tanah telanjang, tak disemen, supaya air hujan meresap ke dalam tanah. Tutupnya menggunakan_dengan "ram" besi beton yang dilas, jadi tetap berlubang-lubang jadi air hujan dapat masuk, juga untuk keamanan supaya kami tak "kejeblos" masuk lubang.

Lalu saya mencoba mengisinya dengan sampah daun-daun kering, semakin saya isi, hinggapadat, selanjutnya saya beri MoL buatan sendiri. Sampah dalam celah menyusut, selanjutnya diisi lagi, dikasih Mol, menyusut, diisi lagi, serta seterusnya. Tak usah diaduk-aduk. Nyatanya dalam 1 (satu) tahun, celah baru penuh, isinya padat dengan sampah daun kering.

Ketika digali, tahap bawah serta tengah telah berubah berubah kompos yang bagus, sedang lapisan di atasnya tetap berupa daun-daun kering yang belum berubah kompos. Siapa ingin mencoba? Sumur resapan bertujuan ganda, sebagai sumur resapan, juga sebagai komposter semi an-aerob.




ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI