Cara Mengatasi Daun Keriting Pada Tanaman Cabe -->

Translate

Cara Mengatasi Daun Keriting Pada Tanaman Cabe

Cara Mengatasi Daun Keriting Pada Tanaman Cabe -  Daun keriting pada tanaman cabe atau cabai adalah problem utama yang sering menghantui petani cabe. Sudah dapat di pastikan jika tanaman cabe terserang hama jenis ini tidak dapat menuai panen alias gagal total. Tanaman cabe kerdil, tidak dapat tumbuh dengan baik, tidak dapat berbuah, jika di biarkan akan mati.


Hama Daun Keriting Pada Tanaman Cabe
Daun keriting pada tanaman cabe atau cabai di sebabkan oleh beberapa jenis hama, yaitu antara lain :

1. Hama Daun Keriting Thrips.


Keyword, daun cabe menguning dan rontok, penyebab daun cabe menguning, hama tungau, siklus hidup thrips, hama aphids, insektisida organik untuk cabe, musuh alami thrips, obat thrips tanaman cabai, cara membasmi jangkrik pada tanaman cabai, obat organik daun cabe keriting, hama thrips pada tomat, manfaat furadan bagi tanaman cabe, obat trips paling ampuh, perfektan 425 ec, obat daun cabe mengkerut, nama obat daun cabe keriting, obat penyubur tanaman cabe, cara mengatasi mati pucuk pada tanaman cabe,
Hama Thrips dengan nama latin Thrips Parvisipinus  ini berbentuk sangat kecil namun masih terlihat dengan mata telanjang, ukuran panjangnya kurang lebih 0,5 -1,5 mm. Berbagai jenis tanaman dapat di serang oleh hama Trips, karena hama thrips jenis hama pemakan tanaman apa saja. tanaman yang sering di serang selain cabe antara lain, bayam, kopi, ubi jalar, labu siam, bayam, kentang, kapas dan lain lain. 


Hama trips menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun muda dan bunga. Gejala yang di timbulkan dari serangan hama thrips ini terlihat pada permukaan bawah daun atau bunga.  Kerusakan tanaman ditandai dengan adanya bercak-bercak putih atau keperak-perakan/ kekuning-kuningan terutama pada permukaan bawah daun.  Gejala bercak keperak-perakan awalnya tampak dekat tulang daun menjalar ke tulang daun hingga seluruh permukaan daun menjadi kuning.  Daun kemudian menjadi coklat, mengeriting atau keriput dan akhirnya kering. Pada intensitas serangan yang tinggi, tepi daun berkerut, menggulung ke atas dan timbul benjolan seperti tumor. Daun yang menggulung tersebut di jadikan tempat perkembang biakan thrips apabila dibuka, akan terdapat imago (anak thrips ) yang berkelompok. Jika sudah demikian akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi kerdil dan tidak dapat menghasilkan bunga. 



2. Hama Daun Keriting Tungau (Mite)


Keyword, alfamex, pestisida nabati kutu kebul, daftar bahan aktif pestisida dan kegunaannya, abamektin bening, cara alami membasmi hama trips, siklus hidup thrips, pestisida winder, harga akarisida, insektisida abuki 50 sl, harga numectin 18 ec, akarisida agrimec, gejala tungau, pestisida nabati untuk tanaman jagung, akarisida pegasus, bahan aktif insektisida meothrin, musuh alami kutu loncat, obat thrips tanaman cabai, obat trips paling ampuh, insektisida untuk tungau pada cabe, pestisida bamex, cara mengatasi hama pada tanaman, cara membasmi tungau cabe, cara pencegahan penyakit cabe, akarisida organik, obat hama thrips, obat untuk tanaman sayuran, obat ulat produk dupont, cara menggunakan abacel, dosis penggunaan pegasus, fungisida dupont, produk dupont untuk cabe, akarisida omite, pestisida nabati untuk hama thrips, jenis akarisida sistemik, racun tungau, akarisida rotraz, akarisida cabe, insektisida cabai, hama tungau merah, siklus hidup tungau merah,
Selain thrips hama yang sering menyerang tanaman cabe adalah jenis tungau. Ada dua jenis tungau yang menyerang tanaman cabe yaitu tungau kuning (Polyphagotarsonemus latus) dan tungau merah (Tetranycus sp.). Seperti halnya hama thrips, tungau menyerang tanaman cabe dengan menghisap cairan dari daun.

Daun yang diserang tungau biasanya pada daun ketiga sampai kebawah. Indikasi serangan tungau terlihat pada daun yang menguning serta menggulung kesisi bawah, seperti sendok yang terbalik. Jika daun yang menggulung dibuka dan diperhatikan secara teliti maka akan terlihat daun bagian bawah terdapat binatang yang sangat lembut sekali (selembut tepung) yang bergerak gerak perlahan. Akibat serangan ini pertumbuhan daun muda akan terhambat yang pada akhirnya daun menjadi coklat mengering dan mati.



3. Hama Kutu Daun


hama tanaman cabe, insektisida kutu daun, pengertian hama dan penyakit pada tumbuhan, kutu daun cabe, tanaman pengusir hama cabe, cara membasmi kutu daun secara alami, sebutkan 3 hama dari jenis mamalia, gejala serangan oleh hama pemakan, obat kutu daun cabe, pengendalian hama dan penyakit pada tanaman, klasifikasi kutu putih, cara membasmi kutu putih pada tanaman pepaya, obat kutu kebul pada terong, kutu daun terong, gejala serangan kutu daun, cara membasmi kutu putih pada tanaman cabe, obat pembasmi hama tanaman cabe, obat cabe busuk buah, makalah hama dan penyakit pada tumbuhan, ulat bor, membuat pestisida alami untuk tanaman cabe, hama sementara, hama dan penyakit pada tanaman padi, hama dan penyakit tembakau beserta gambarnya,
Kutu yang sering menyerang tanaman cabe biasa di sebut kutu kebul dengan nama latin Myzus persicae. Cara menyerang tanaman cabe, kutu kebul seperti halnya thrips dan tungau yaitu menghisap cairan dari daun. Selain itu kutu ini menghasilkan ekskresi berupa cairan manis yang mengundang datangnya semut. Sehingga indikasi lain dari serangan kutu kebul ini terlihat adanya semut yang merajalela. 

Residu cairan hasil ekskresi tersebut mengundang adanya investasi jamur atau cendawan yang dapat dilihat dengan adanya lapisan jelaga hitam pada daun. Daun tanaman cabe yang terserang kutu kebul akan menggulung pada ujungnya saja, di ikuti dengan pertumbuhan tanaman yang tidak subur sehingga terlihat kerdil, tidak berbunga lama kelamaan mati.




4. Hama Virus.



Serangan penyakit virus bisa terjadi pada pohon cabe itu disebabkan karena adanya serangan penyakit thrips serta kutu kebul. Kedua penyakit tersebut adalah carier bisa juga pembawa penyakit virus. Virus yang di maksud adalah Cucumber Mosaic Virus (CMV). 

Indikasi adanya investasi bisa juga serangan penyakit virus ditandai dengan terlihatnya bercak berwarna kekuningan pada daun. Bercak kuning diatas permukaan daun, perlahan meluas sampai  seluruh permukaan daun menguning. Bentuk daun berubah lebih kecil dari ukuran normal, melengkung serta kaku jadi daun terkesan keriting. Sehabis kuning daun sebagian besar rontok. Pohon cabe berubah kerdil serta mati 

Itulah berbagai penyakit yang menyebabkan daun keriting pada pohon cabai. Sehabis mengenal penyebabnya pasti bakal lebih gampang petunjuk pengendalian bisa juga mengatasinya, bagus tidakan preventif (pencegahan) maupun kuratifnya (pengendalian) .


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI