Budidaya jeruk bali -->

Translate

Budidaya jeruk bali

 

Budidaya jeruk bali berubah opsi usaha pembudidayaan pertanian itu dikarenakan pohon buah ini tergolong tipe yang mempunyai daya penyesuaian yang lumayan bagus dan relatif tahan kepada sejumlah penyakit pohon dan penyakit, khususnya CVPD yang pernah membikin petani jeruk di tanah air trauma dan terjadi sesuatu kerugian yang besar dampak  serangan penyakit ini.

Buah hasil pembudidayaan jeruk bali adalah buah musiman, bisa dipanen cuma dua kali saja dalam setahun. Hasil pembudidayaan jeruk bali bakal aktif berbuntut pada tahun ketiga sehabis penanaman. Namun untuk menghindari pohon kekurangan nutrisi, maka di awal-awal penanaman wajib tak sedikit dilakukan pemangkasan andai dirasakan buah terlalu banyak.

Teknik tanam pada pembudidayaan jeruk bali yang tak sedikit dilakukan di Indonesia adalah dengan petunjuk cangkok. Petunjuk ini dianggap lebih menguntungkan dibanding dengan penanaman dengan-cara biji bisa juga stek, itu dikarenakan masa tanamnya lebih pendek.

Usia pohon pohon pembudidayaan jeruk bali lumayan panjang. Sehabis berumur 23 tahun, pohon jeruk bali tetap bisa berbuah.

Yang butuh diperhatikan dari pembudidayaan jeruk bali adalah ancaman penyakit pohon berupa lalat buah dan kecabuk. Kecabuk biasanya membikin buah jeruk bali berubah hitam. Untuk menanggulangi serangan penyakit pohon yang menyerang lahan pembudidayaan jeruk bali, diperlukan pestisida dan methyl eugenol. Sementara untuk lalat buah, yang diperlukan adalah perangkap.

Kultivar unggulan pada pembudidayaan jeruk bali di Indonesia yang lumayan dikenal ada empat kultivar, tidakhanya jeruk bali madu yang tadi telah disebutkan, kultivar lainnya adalah ‘nambangan’, ‘srinyonya’ dan ‘magetan’. Ketiga kultivar yang diunggulkan oleh petani pembudidayaan jeruk bali ini tak sedikit di tanam di Kabupaten Magetan dan Madiun.

Syarat Ideal Untuk Pembudidayaan Jeruk Bali

Sebetulnya teknik pembudidayaan jeruk bali sama dengan tipe jeruk lainnya, bagai jeruk lemon maupun jeruk nipis. Inilah ini berbagai syarat tumbuh buah hasil pembudidayaan jeruk bali :
  1. Pastikan lahan pembudidayaan jeruk bali tak sempit itu dikarenakan satu pohon jeruk bali memperlukan area kurang lebih 7×8 meter supaya tumbuh optimal dan berbuntut banyak.
  2. Pastikan lahan pembudidayaan jeruk bali ditanam di area bersuhu maksimal 30 derajat celcius.
  3. Buah jeruk bali paling bagus apabila ditanam di daerah dataran tinggi. Namun demikian, di dataran rendah pun pembudidayaan jeruk bali bisa dilakukan dengan_syarat lumayan air, tak sedikit sinar matahari dan leluasa hama.
  4. Pohon di kebun pembudidayaan jeruk bali memperlukan tak sedikit sinar matahari sepanjang hidupnya.
  5. Lahan pembudidayaan jeruk bali yang paling bagus adalah tipe tanah lempung berpasir.
  6. Pohon ini tak terlalu menyukai angin itu dikarenakan bisa merontokkan buah.dan bunga.
  7. Kebun pembudidayaan jeruk bali idealnya mempunyai keasaman tanah (pH) kurang lebih 5,5 sampai  6,5.
  8. Pohon ini tak menyukai air yang menggenang jadi diperlukan drainase yang bagus di kebun pembudidayaan jeruk bali.



Pedoman Teknis Pembudidayaan Jeruk Bali

Seperti halnya membudidayakan tipe pohon lain, pembudidayaan jeruk bali juga bisa dilakukan melewati berbagai tahapan. Tahapan dalam pembudidayaan jeruk bali ialah penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan penyiraman (perawatan) dan pemanenan. Inilah ini ulasannya :

Penyiapan Lahan Pembudidayaan Jeruk Bali

Budidaya jeruk bali juga memperlukan lahan yang subur dan gembur. Untuk itu, sebelum Kamu mulai menanam bibit jeruk bali Anda, penggemburan bisa Kamu perbuat dengan petunjuk mencangkuli lahan dan mencampurnya dengan pupuk.

Untuk pemetakan lahan pembudidayaan yang bakal ditanami masing-masing bibit, idealnya Kamu menyediakan petakan tanah sebesar 7×8 meter untuk tiap bibitnya. Faktor ini bukan tanpa argumen itu dikarenakan waktu bibit buah pembudidayaan jeruk bali ini membesar, ketinggiannya bisa mencapai 5 meter. Pastinya dengan ketinggian sebesar ini maka rantingnya pun bakal rimbun dan menutupi cahaya sinar matahari yang diperlukan oleh pohon jeruk bali ini.

Untuk itu, diperlukan petakan lahan pembudidayaan jeruk bali yang besar dan arah mata angin yang cocok untuk menumbuhkan pohon jeruk bali. Arah timur ke barat adalah arah mata angin yang cocok bahi pohon jeruk bali supaya senantiasa tercukupi sinar matahari.

Tahapan dalam pembudidayaan jeruk bali ialah penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan penyiraman (perawatan) dan pemanenan. Foto: sorryoutofoffice.files.wordpress.com

Pembibitan Pohon Pembudidayaan Jeruk Bali

Setelah penyiapan lahan pembudidayaan jeruk bali, perbuat berbagai minggu sebelum penanaman, saat ini giliran Kamu menyediakan bibit buah jeruk bali yang baik. Pembibitan dalambudidaya jeruk bali memegang kunci penting dari hasil panen maksimal yang bakal Kamu raih. Mengapa demikian? Itu dikarenakan petunjuk pembibitan pohon pembudidayaan jeruk bali ini rata - rata  dilakukan bukan dengan metode biji bisa juga stek, maelainkan dengan cangkok.

Tips : Petunjuk tanam metode cangkok dipilih bukan tanpa argumen itu dikarenakan para petani jeruk bali mempunyai pengalaman petunjuk menanam yang bagus dengan metode cangkok ini yakni masa buahnya yang tak terlalu lama dan daya tahan pohon yang kuat. Ciri bibit buah pembudidayaan jeruk bali yang bagus ini adalah batangnya yang lurus dari atas ke bawah dan diameter batang kurang lebih 2-3 cm.

Penanaman Buah Pembudidayaan Jeruk Bali

Setelah Kamu memperoleh bibit pembudidayaan jeruk bali yang tepat, saat ini tibalah saatnya bercocok tanam bibit tersebut dengan teknik menanam yang tepat. Tanamlah masing-masing bibit di petakan tanah yang telah Kamu sediakan (kurang lebih 7×8 meter). Adapun waktu kapan Kamu menanam bisa Kamu perbuat kapan saja itu dikarenakan buah pembudidayaan jeruk bali bisa tumbuh di musim kering maupun musim hujan dengan_syarat syarat tumbuhnya terpenuhi.

Pemupukan di Lahan Pembudidayaan Jeruk Bali

Pemupukan di lahan pembudidayaan jeruk bali bisa dilakukan dalamwaktu maksimal 3 x dalam setahun. Pemupukan yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan_dengan pupuk kandang. (antara bulan Juli-Agustus). Namun kenyataannya pada bagian pemupukan kedua bisa Kamu perbuat dengan pupuk NPK (antara bulan Oktober-November).

Penyiraman di lahan pembudidayaan jeruk bali butuh dilakukan waktu musim kering supaya pohon jeruk bali Kamu tak kekurangan air.

Perawatan lainnya adalah penyiangan (pencabutan rumput liar), pengusiran penyakit pohon dan ulat dan pembatasan jumlah ranting dan buah pada musim panen pertama.

Pemanenan di Kebun Pembudidayaan Jeruk Bali

Panen raya hasil pembudidayaan jeruk bali mulai bisa dinikmati sehabis tahun ke-tiga. Sebelum tahun ini terbukti buah jeruk bali telah tumbuh namun Kamu belum bisa memanennya itu dikarenakan wajib diperhatikan sudut yang lebih mutlak di masa yang bakal datang, yakni pembatasan buah dan ranting supaya tumbuh maksimal di tahun berikutnya.



ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI