CARA MENUMBUHKAN KEIKI PADA ANGGREK DENDROBIUM -->

Translate

CARA MENUMBUHKAN KEIKI PADA ANGGREK DENDROBIUM

jual bibit anggrek botolan bibit anggrek botol jual bibit anggrek jual bibit anggrek tanah kuning jual bibit anggrek murah jual bibit anggrek oncidium jual bibit anggrek dalam botol jual bibit anggrek bulan
Setiap penghobi anggrek pasti pernah "membunuh" anggreknya tanpa sengaja. Kematian anggrek bisa disebabkan banyak hal, serangan jamur, bakteri dan serangga adalah faktor yang umum terjadi. 

Kekurangan air dan terpapar sinar matahari langsung sepanjang hari juga bisa menyebabkan anggrek merana dan segera menghadap yang Kuasa. Sebagian orang mungkin tidak menganggap hal ini sebagai masalah besar, tapi untuk orang-orang yang menganggap anggrek sebagai belahan jiwanya, kematian anggrek adalah musibah besar.

Tulisan ini adalah untuk mereka yang masih berharap bisa menyelamatkan anggreknya. Beberapa jenis anggrek masih bisa diselamatkan meskipun sudah sakit parah. Berikut ini adalah salah satu cara untuk menyelamatkan anggrek jenis Dendrobium (hibrid) dari kematian kekal, yaitu dengan menumbuhkan KEIKI. 

Kata Keiki berasal dari bahasa Hawaii yang berarti "anak" atau "si kecil". Keiki pada anggrek adalah anakan yang tumbuh bukan karena pembuahan sehingga Keiki akan memiliki semua ciri-ciri indukannya, termasuk warna, aroma dan bentuk bunganya.
Jadi selain untuk menyelamatkan anggrek yang sekarat, menumbuhkan Keiki juga merupakan salah satu cara perbanyakan anggrek.Jenis-jenis anggrek yang bisa diperbanyak dengan menumbuhkan Keiki adalah Dendrobium, Phalaenopsis atau anggrek bulan dan Epidendrum.

MENUMBUHKAN KEIKI DENDROBIUM

Pada Dendrobium, Keiki akan tumbuh dibuku-buku batang (pseudobulb) Dendrobium.
Jika dendrobium anda sakit dan sepertinya tidak dapat terus tumbuh, segera bongkar dari tempat tumbuhnya. Bersihkan, potong dan buang bagian-bagian yang terkena penyakit, buang semua daun dan tangkai bunga, serta semua akar sampai tersisa batang yang sehat saja, batang-batang dendrobium yang sehat dan masih memiliki minimal 2 ruas batang dapat dipisahkan untuk menumbuhkan keikinya. Potongan-potongan batang dendrobium direndam selama 5-10 menit dalam larutan fungisida, dengan takaran 1 sendok teh fungisida dicampur dengan 2 liter air. 

Kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, lalu gantungkan batang dendrobium ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung namun masih cukup terang untuk proses pertumbuhannya.


 

(Potongan-potongan batang dendrobium yang digantung)

PERAWATAN KEIKI


Perlakuan untuk potongan-potongan batang dendrobium ini tidak berbeda dengan anggrek yang sudah tumbuh baik. Dijaga kelembabannya dengan penyiraman teratur 2 kali sehari kecuali pada hari hujan. Berikan larutan Vitamin B1 2 kali dalam seminggu dengan takaran 1 sendok teh dicampur dengan 2 liter air.

Vit B1 gunanya untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas.

Antara 2 sampai 4 minggu akan muncul bakal tunas baru. Umumnya yang muncul adalah bakal tunas baru, tapi anggrek juga kadang-kadang ingin tampil beda, alih-alih tunas baru yang muncul bisa saja akar dulu, atau malah calon bunga.



 (Setelah 2 minggu muncul bakal tunas baru)
Dengan perawatan teratur, bakal tunas akan tumbuh membentuk daun-daun baru, juga akar baru.


(Setelah 4 minggu, mulai membentuk daun dan akar-akar baru)

Agar tumbuh lebih baik, Keiki yang sudah memiliki akar dan daun dapat diberi pupuk NPK seimbang misalnya NPK 20:20:20.Pupuk diberikan 2 kali seminggu dengan takaran 1 sendok teh dicampur dengan 2 liter air.

PEMINDAHAN KEIKI PADA MEDIA

Setelah Keiki cukup besar, dapat dipindahkan ke media tanam sampai berbunga.

Sebagian penghobi menyarankan untuk menunggu sampai muncul 2 tunas baru dan akar-akar yang banyak sebelum memindahkan keiki ke pot atau media tanam lainnya. Pemindahannya pun dengan cara memotong keiki dari batang tempatnya tumbuh. Cara ini membutuhkan ketelitian, agar pemotongan tidak melukai akar, atau tunas baru yang akan membuat anggrek kembali merana dan tidak bisa diselamatkan lagi, serta membutuhkan alat potong yang tajam dan steril, agar luka bekas potongan tidak terkontaminasi jamur atau bakteri yang bisa membunuh anggrek.

Di pekarangan ELEGANT40_ORCHIDS, cara memindahkan keiki ke media tanam dengan tingkat keberhasilan paling tinggi adalah dengan menempelkan Keiki ke potongan pakis papan, atau potongan batang kayu, atau bahkan kayu pohon yang masih hidup tanpa dipotong dari batang indukannya.



(Keiki pada pakis papan)


(Keiki pada pakis)

Dengan cara ini, tidak perlu menunggu Keiki memiliki 2 tunas (pseudobulb). Keiki dapat langsung dipindahkan setelah memiliki daun dan akar. Akar akan menempel erat pada media dan menjadi tempat tumbuhnya.



(Akar keiki yang menempel erat pada pakis)


Selain dengan perlakuan seperti di atas, Keiki juga dapat tumbuh dengan sendirinya pada dendrobium yang masih tumbuh sehat. Keiki ini dapat dipisahkan untuk perbanyakan.



(Keiki pada Anggrek Merpati/Dendrobium crumenatum)




(Keiki pada Dendrobium hibrid)


Keiki bisa saja dibiarkan terus menempel pada induknya, dengan perawatan yang sama, keiki dapat tumbuh sehat dan berbunga. Disalin dari http://elegant40-orchids.blogspot.co.id/2014/05/menumbuhkan-keiki-pada-anggrek.html. Untuk Segala pertanyaan tentang artikel ini silakan kunjungi langsung ke blog sumber artikel.


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI