Cara Melakukan panen buah kakau Yang baik -->

Translate

Cara Melakukan panen buah kakau Yang baik

sumber gambar: Tips Diversifikasi Tanaman Kakao
Tanaman kakao mulai memproduksi buah pada berusia 2,5 – 3 tahun sehabis tanam. Pembuatan buah kakao di tahun pertama cenderung sedikit dan bakal semakin meningkat seiring pertambahan umur.

Produktivitas optimal dicapai pada pada umur 7-11 tahun, kurang lebih 1,8 ton biji kakao kering per hektar per tahun. Produktivitas tersebut bakal semakin menurun sampai  pohon tua dan mati.

Buah kakao yang dihasilkan dari proses penyerbukan bunga jantan ini dan bunga betina yang tumbuh menempel pada semua tahap batang pohon. Bunga-bunga yang tumbuh pada batang pokok umumnya bakal menghasilkan buah yang besar dan berkualitas baik.
Buah kakao siap panen

Dari terjadinya proses penyerbukan sampai  buah matang dan siap petik diperlukan waktu kurang lebih 5 – 6 bulan. Kakao matang yang siap petik wajib memenuhi kriteria panen. Buah kakao yang memenuhi kriteria panen merupakan buah yang telah memperlihatkan tanda-tanda sebagai berikut:

1.       Kulit buah telah berubah warna dengan-cara sempurna, dari yang saat/ketika mentah berwarna hijau berubah kuning waktu masak, bisa juga dari yang saat/ketika mentah berwarna merah berubah jingga tua.
2.       Tangkai buah mulai mengering.
3.       Buah kakao mengeluarkan bunyi apabila digoncangkan bisa juga dikocok.

Cara melakukan pemanenan

Buah kakao yang telah sesuai kriteria siap panen wajib segera dipetik supaya mutu bijinya tak turun. Apabila panen ditunda, biji bisa berkecambah waktu tetap di dalam buah dan faktor ini bakal membikin kadar lemak biji turun dengan-cara drastis. Biji-biji yang demikian umumnya mempunyai harga jual yang amatlah rendah.

Cara pemanenan buah yang benar merujuk pada berbagai faktor yaitu rotasi panen, cara melakukan pemetikan, pengupasan buah, dan persiapan olah pasca panen.
Rotasi panen

Pemanenan buah kakao alangkah baiknya dikerjakan sesering mungkin, setidaknya minimal 7 – 10 hari sekali. Panen yang tak jarang berguna untuk memutus siklus penyakit penggerek buah kakao dan mencegah penularan penyakit busuk buah kakao.

Cara Melakukan pemetikan


Pemetikan buah kakao merupakan faktor yang amatlah butuh diperhatikan dalam kegiatan panen. Petunjuk pemetikan yang salah bisa menyebabkan penurunan produktivitas pohon kakao di bulan -bulan berikutnya.

Pemetikan buah dilakukan dengan memotong tangkai buah menggunakan_dengan bantuan alat berupa gunting pangkas, golok, bisa juga sabit. Pemotongan tangkai kita lakukan sedekat mungkin dengan buahnya ini dimaksudkan untuk  menyisakan tangkai dengan panjang kurang lebih 1-1,5 cm. Tangkai buah ini merupakan investasi itu dikarenakan bunga-bunga kakao baru nantinya bakal tumbuh di bekas tangkai buah kakao ini.

Pemanenan dengan petunjuk memelintir buah, menendang, bisa juga hebat buah amatlah tak dianjurkan itu dikarenakan bisa merusak tangkai dan melukai tanaman. Tangkai buah yang rusak tak lagi bisa ditumbuhi bunga kakao jadi buah tak mungkin tumbuh lagi disana, namun kenyataannya kulit pohon yang terlukai bakal gampang terinveksi jamur-jamur patogen.

Untuk buah yang terletak dibagian  yang susah dijangkau, pemetikan buah kakao dilakukan dengan bantuan gunting pangkas bergalah. Pemanenan menggunakan_dengan galah saja beresiko merusak tangkai buah dan kulit tanaman.

Buah-buah yang telah dipetik lalu lalu dibawa dan dikumpulkan ke tempat penampungan hasil untuk dipecah dan diambil bijinya.

Pengupasan dan pengolahan Buah kakao.

Sesudah buah kakao hasil panen terkumpul, tahapan lalu yang dilakukan dalam kegiatan panen merupakan pengupasan buah dan pengambilan biji.

Pengupasan buah dilakukan dengan memecah kulit buah menggunakan_dengan bantuan benda tumpul bagai tongkat kayu bisa juga bambu. Pengupasan menggunakan_dengan bantuan benda tajam bagai golok bisa juga sabit alangkah baiknya dihindari itu dikarenakan bisa melukai biji yang ada di dalam buah. Biji-biji yang terluka dan pecah umumnya dibeli dengan harga rendah.


Biji kakao yang tersedia dalam buah yang telah pecah lalu diambil dan ditampung dalam wadah ember plastik bisa juga tempat penampungan yang bersih untuk lalu diolah berubah biji kakao kering siap jual


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI