Kandungan nutrisi serta kegunaaan buah pepaya -->

Translate

Kandungan nutrisi serta kegunaaan buah pepaya

 

Pepaya adalah buah-buahan khas daerah tropis. Asal buah ini berasal dari Amerika Tengah, kemudian menyebar ke beberapa belahan bumi lainnya. Tanaman pepaya mempunyai nama latin Carica papaya, tergolong dalam keluarga Caricaceae.

Buah pepaya terbisa dalam beberapa varietas. Mulai dari pepaya bangkok yang bentuknya besar dengan kulit buah hijau-kuning. Sampai varietas-varietas yang relatif baru dikenal bagai pepaya hawaii yang buahnya kecil-kecil masihi manis.

Di negeri kami buah pepaya telah dikenal sejak lama. Buah pepaya mudah dibisakan dan harganya relatif terjangkau. Mungkin masyarakat berpendapatnya  tak terlalu spesial. Masihi siapa sangka, buah pepaya kayabakal kandungan gizi yang berguna bagi tubuh.

Kandungan nutrisi

Buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai kadar potasium dan vitamin C lumayan tinggi. Juga mempunyai kandungan antioksidan bagai karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat.

Kandungan nutrisi lain yang terbisa dalam buah pepaya adalah enzim papain. Nama papain diambil dari kata papaya, khas dari tanaman pepaya. Enzim ini sebetulnya ada dalam getah pepaya. Sehingga  takcuma pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batanganan.

Industri makananmemakai enzim papain sebagai pelunak daging. Sedangkan industri farmasimemakai enzim ini sebagai obat cacing dan gangguan pencernaan. Enzim diekstrak dari getah tanaman pepaya yang terbisa dalam buah, daun dan batang .
Kegunaaan buah pepaya

Buah pepaya  tak jarang dipakai untukmenolong menanggulangi gangguan pencernaan. Faktor ini dikarenakan buah pepaya mempunyai kandungan serat yang tinggi dan enzim papain. Zat-zat tersebut bisa menanggulangi persoalan pencernaan dan sulit buang air besar.

Enzim papain dan serat yang terbisa dalam buah pepaya juga bisa mencegah timbulnya gejala wasir. Papain menolong membunuh parasit yang bisa mengganggu proses pencernaan di dalam usus.
Buah pepaya kaya  kandungan vitamin C yang bisa menolong membenahi sistem kekebalan tubuh. Buah ini tepat untuk menangkal beberapa tipe penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh bagai pilek, batuk, dan flu.

Beberapa penelitian menunjukkan peran buah pepaya menjaga kesehatan ginjal. Biji buah pepaya mengandung senyawa phenotic dan flavonoid yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak biji pepaya  tak jarang dipakai sebagai bahan
obat herbal untuk penyakit ginjal.

Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam buah pepaya juga dipakai dalam industri kecantikan. Zat-zat tersebut berguna bagi kesehatan kulit, bagai menjaga kelembaban kulit,menolong proses regenerasi sel kulit, dan menanggulangi kulit kusam.

Buah pepaya mengandung senyawa chymopapain yang berkegunaaan meredakan peradangan dan menolong proses penyembuhan pada luka bakar


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI