Panduan Lengkap Petunjuk Ternak Jangkrik versi 2 -->

Translate

Panduan Lengkap Petunjuk Ternak Jangkrik versi 2

Setelah beberapa bulan lalu saya pernah posting juga tentang budidaya jangkrik unggul, maka pada hari ini saya akan memposting tema yang sama. Dan ini saya beri judul Panduan Lengkap Petunjuk Ternak Jangkrik versi 2. Karena cara yang di pakai beda dengan yang pernah saya posting dulu beberapa bulan yang alu. Silakan mau pakai cara yang mana anda ingin mencobanya, namun yang jelas apapu caranya ketekunan dan keseriusanlah yang paling utama dalam menentukan keberhasilan usaha anda.

 Jangkrik adalah serangga yang dikenal juga dengan sebutan cengkerik, serangga ini dalam bahasa ilmiah disebut Liogryllus Bimaculatus. Jangkrik tetap berkerabat dekat dengan belalang dan  adalah fauna omnivora yaitu pemangsa flora dan fauna sebagai sumber makanannya. Di alam liar jangkrik  tak sedikit tersedia dimana saja, dalam rerumputan, semak belukar dan dilahan-lahan pertanian. Pada  lahan pertanian penyakit  jangkrik biasanya tersedia pada rerumputan, dibawah rumput kering, dibawah bongkahan-bongkahan tanah bisa juga dibawah mulsa.

Oleh petani serangga ini dianggap penyakit  yang bisa merusak tanaman, khususnya tanaman muda yang baru ditanam.Tipe tanaman yang kerap diganggu penyakit  jangkrik adalah tanaman hortikultura, bagai cabai, tomat, terung, gambas/oyong, pare, timun dan lain sebagainya. Oleh sebabitu petani berusaha dengan beberapa petunjuk untuk memusnahkan serangga yang satu ini.

Peluang Usaha Pembudidayaan  Jangkrik

Disatu segi jangkrik  adalah penyakit  yang bisa merusak tanaman dan memenyesalkan petani. Tetapi disegi lain serangga ini adalah fauna yang berguna untuk menghasilkan keuntungan bagi manusia. Jangkrik bisa dibudidayakan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Sejak beberapa waktu terbaru usaha pembudidayaan  jangkrik terus terkenal  dan gencar dibudidayakan secara kusus oleh masyarakat. Faktor ini dikarenakan adanya  permintaan pasar yang besar dan terus meningkat. Pasar jangkrik didominasi oleh para pecinta  burung dan ikan, seiring dengan terus meningkatnya pecinta  kedua tipe Hewan peliharaan tersebut. Usaha pembudidayaan  ternak jangkrik  adalah sebuah   usaha yang menjajikan keuntungan besar, itu dikarenakan  modal usaha yang diperlukan sedikit.

Bagaimana  tak, harga jual jangkrik ditingkat peternak mencapai Rp. 50.000 – 60.000 per kilogramnya. Namun kenyataannya harga telur jangkrik lebih mahal lagi, yaitu untuk telur jangkrik varietas kalung dihargai Rp. 330.000 per kilo gram dan harga jual telur jangkrik alam harganya mencapai Rp. 350.000 – Rp. 400.000 per kilogram.

Jenis-jenis Jangkrik Yang Dibudidayakan di Indonesia


Lebih dari 100 tipe jangkrik bisa juga varietas jangkrik yang tersedia di Indonesia. Namun  tak semuanya jangkrik tersebut diternak untuk dibudidayakan.hanya  jangkrik yang  tak sedikit dibudidayakan saat  ini adalah Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus. Varietas jangkrik Gryllus Mitratus biasa dimanfaatkan sebagai pakan ikan namun kenyataannya varietas Gryllus Testaclus sebagai pakan burung peliharaan. Kedua jangkrik ini bisa dengan mudah dibedakan dari bentuk tubuhnya, dimana Gryllus Mitratus wipositor-nya lebih singkat disamping itu Gryllus Mitratus mempunyai garis putih pada pinggir sayap punggung, dan penampilannya yang tenang.

Panduan Lengkap Pembudidayaan  Ternak Jangkrik


Persiapan untuk mengawali usaha ternak jangkrik diawali dengan mendalamiah seluk beluk jangkrik dan diperlukan pengetahuan bagaimana petunjuk yang benar memperperbuat serangga ini. Usaha pembudidayaan  ternak jangkrik sebetulnya  taklah susah, yang diperlukan  cuma niat dan keterlambatan dalam mengembangkan usaha peternakan jangkrik yang kaya protein ini. Dengan cara teknis bagianan-bagianan dalam beternak jangkrik adalah sebagai berikut ;

A.    Cara Produksi  Kandang Jangkrik (Kandang Pembesaran)


Kandang untuk berternak jangkrik terbuat dari kayu/triplek bisajuga kardus bekas. Ukuran kandang disesuaikan dengan tempat, lokasi dan populasi jangkrik. Sebagai contoh untuk menampung  kurang lebih 4000 ekor jangkrik cuma diperlukan kandang dengan ukuran 100 cm x 60 cm x 30 cm. Kandang jangkrik bisa dipakai berulang kali, tergantung bahan kandang yang dipakai. Dibagian atas bisa juga atap kandang dilapisi memakai daun pisang, daun tebu, sabut kelapa, daun kelapa bisajuga kertas koran.

1.    Bahan-bahan yang diperlukan untuk membikin kandang ternak jangkrik


a).    Lakban licin 4 buah (warna coklat bisajuga bening)
b).    Lem kayu bisajuga lem kertas 4 buah
c).    Serbuk gergaji selumayannya
d).    Lis kayu bisajuga bambu

2.    Pendukung perflora jangkrik / rumah jangkrik


Pendukung perflora  jangkrik   bisa juga rumah jangkrik adalah tempat merambat dan tangkringan jangkrik, yaitu berupa empat lengkungan besar dan delapan lengkungan kecil yang dibentuk menyerupai kerangka logam pada payung. Bisa jugamemakai beberapa papan telur bekas dan diletakkan didalam kandang jangkrik.

B.    Lokasi Yang Cocok dan Baik Untuk Berternak Jangkrik


Lokasi bisajuga tempat peternakan jangkrik bisa dimana saja, baik itu didalam rumah, dipekarangan bisa juga dikebun. Tetapi lokasi tersebut wajib memenuhi syarat terpasti supaya suasananya  sesuai dengan habitat asalnya serangga jangkrik di alam. Supaya berhasil  dan memperoleh keuntungan dalam usaha peternakan jangkrik alangkah baiknya  pilihlah lokasi dengan kriteria bagai dibawah ini ;

1.       Lokasi untuk usaha pembudidayaan  ternak jangkrikharusah yang memiliki situasi yang tenang,
2.       Lokasi dan kandang usahakan berada dilokasi yang teduh dan  tak terkena sinar matahari dengan secara langsung,
3.       Lokasi dan area kandang peternakan jangkrik mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik,
4.       Lokasi pembudidayaan  ternak jangkrik wajib jauh dari hiruk-pikuk dan keramaian, bagai pasar, pabrik, gedung sekolah bisa juga jalan raya.
5.       Carilah lokasi yang steril hal ini dimaksudkan agar aman dari penyakit  pemangsa jangkrik, bagai ayam, laba-laba, semut, cicak dan lain-lain sebagainya,
6.       Lokasi dan penempatan kandang mudah dimonitor setiap hari.

C.    Cara Memilih Bibit/Indukan Jangkrik

Gambar - hobiku.net

Calon indukan dan bibit jangkrik bisa diperoleh di alam bisa juga dengan membelinya dari peternak jangkrik. Syarat mutlak memilih calon indukan dan bibit jangkrik adalah indukan dan bibit wajibsehat,  tak cacat (sungut bisajuga kaki patah),  tak sakit dan indukan telahberusia antara 10 sampai-pada 20 hari. Calon indukan jangkrik jantan maupun betina yang terbaik adalah yang berasal dari  tangkapan dialam bebas, sebab jangkrik yang kita ambil dari alam bebas akan mempunyai ketahanan tubuh yang sangat baik. Apabila  tak memperoleh indukan betina dialam bebas, indukan betina bisa dibeli dari peternak. Tetapi indukan jantan sebisa mungkin berasal dari alam bebas, sebab induk jantan dari hasil tangkapan dialam lebih agresif.

Ciri-ciri indukan jangkrik betina dan indukan jantan yang baik ;

a).    Ciri-ciri indukan jangkrik betina dan calon indukan jantan yang baik ;
·         mempunyai sungut / antena yang tetappanjang dan lengkap,
·         mempunyai kedua kaki belabang yang tetaplengkap
·         bulu dan badan jangkrik berwarna hitam mengkilap
·         pilihlah induk jantan dan betina yang berbadan besar
·         sehat, gesit dan bisa melompat dengan tangkas
·         jangan memilih calon indukan jangkrik yang mengeluarkan zat cair dari mulut dan anusnya apabila dipegang,

b).    Perbedaan fisik induk jantan dan betina ;
·         induk jantan rutin mengeluarkan suara mengerik, namun kenyataannya induk betina  tak mengerik
·         permukaan sayap induk jantan kasar dan bergelombang, namun kenyataannya sayap induk betina halus dan rata
·         induk jantan  tak mempunyai ovipositor diekornya, induk betina mempunyai ovipositor dibawah ekor yang bermanfaat  untuk mengeluarkan telurnya.

D.    Cara Perawatan Bibit dan Calon Indukan Jangkrik


Perawatan jangkrik yang telah dikeluarkan dari kotak penetasanberusia 10 hari wajibsangatlah diperhatikan dan dikontrol makanannya, sebabperfloranya sangat pesat. Sehingga andai makanannya kurang, maka anakan jangkrik bakal menjadi kanibal memakan anakan yang lemah. Tidakhanya itu butuh juga dikontrol kelembapan udara dan binatang pengganggu, yaitu, semut, tikus, cicak, kecoa dan laba-laba.Untuk mengurangi sifat kanibal dari jangkrik, maka makanan jangan sampai-pada kurang. Makanan yang biasa dibagikan antara lain ubi, singkong, sayuran dan dedaunan dan dibagikan bergantian setiap hari.

E.    Sistem Pengembangbiakan Ternak Jangkrik.


Hingga waktu  ini pembiakan Jangkrik yang dikenal adalah dengan mengawinkan induk jantan dan induk betina, namun kenyataannya untuk bertelur ada yang alamiah dan ada juga dengan petunjuk caesar. Namun risiko dengan petunjuk caesar induk betinanya besar kemungkinannya mati dan telur yang diperoleh  tak merata  jadi daya tetasnya rendah.

F.    Cara Reproduksi dan Perkawinan Jangkrik


Induk bisa memproduksi telur yang daya tetasnya tinggi ± 80-90 % apabila dikasih makanan yang bergizi tinggi. Setiap peternak mempunyai ramuan-ramuan yang khusus dibagikan pada induk jangkrik antara lain: bekatul jagung, ketan item, tepung ikan, kuning telur bebek, kalk dan kadang-kadang ditambah dengan vitamin. Disamping itu suasana kandang wajibmirip dengan habitat alam leluasa, dinding kandang diolesi tanah liat, semen putih dan lem kayu, dan diberi daun-daunan kering bagai daun pisang, daun jati, daun tebu dan serutan kayu.

Jangkrik biasanya meletakkan telurnya dipasir bisa juga tanah.Jadi didalam kandang khusus peneluran disiapkan media pasir yang dimasukkan dipiring kecil. Perbandingan antara betina dan jantan 10 : 2, supaya dibisa telur yang daya tetasnya tinggi. Apabila jangkrik telah berakhir bertelur  kurang lebih 5 hari, maka telur dipisahkan dari induknya supaya  tak dimakan induknya kemudian kandang bagian dalam disemprot dengan larutan antibiotik (cotrymoxale).Tidak hanya peneluran dengan cara alamiah, bisa juga dengan cara  peneluran dengan cara caesar. Akan tetapi kekurangannya ialah telur  tak merata matangnya (daya tetas).

G.    Cara Menetaskan Telur Jangkrik

 Penetasan telur-telur jangkrik diperbuat pada sebuah kotak penetasan, bahan kotak bisa memakai kayu, kotak kardus bisajuga bahan lainnya. Untuk menetaskan satu sendok telur jangkrik bisa juga  kurang lebih 2500 – 3000 butir telur diperlukan kotak penetasan dengan ukuran panjang 50 cm, lebar 30 cm dan tinggi 20 cm. Media yang umum dipakai untuk menetaskan telur jangkrik adalah kain dan pasir. Berikut ini petunjuk menetaskan telur jangkrik ;



1.    Cara menetaskan telur jangkrik dengan media kain ;

a.       Siapkan potongan kain dengan ukuran 25 cm x 25 cm, siapkan juga semprotan air dan wadah plastik untuk
b.      meletakkan kain,
c.       Masukkan satu sendok telur jangkrik dibagian tengah kain dan atur permukaannya supaya merata
d.      Lipat segi kain kebagian tengah, mulai dari segi kanan, kiri, atas dan bawah. Biarkan lipatan agak longgar sebagai jalan keluar anak jangkrik apabila telah menetas kelaknya. Jangan menekan lipatan kain yang berisi telur jangkrik sebab bisa merusak telur-telur tersebut,
e.      Masukkan kain yang berisi telur tersebut kedalam wadah plastik dan letakkan pada kotak penetasan,
f.        Dalam waktu  telur belum menetas perbuat penyemprotan air dengan cara rutin setiap hari supaya kain dan telur tetap lembab,
g.       3 bisa juga 6 hari kemudian telur biasanya telah menetas (tergantung usia telur),
h.      Sebelum telur menetas biasanya telur bakal berubah warna berubah  kuning kehitaman. untuk memastikan
i.         perkembangan dan kondisi telur, kain diperiksa setiap hari sebelum disemprot dengan air.
j.        Kain ditutup kembali seusai pemeriksaan.

2.    Cara menetaskan telur jangkrik dengan media pasir ;


a.       Pasir yang dipakai untuk menetaskan telur jangkrik adalah pasir yang bersih dan halus (diayak),
b.      Sterilkan media pasir dengan petunjuk disangrai bisa juga dengan cara dijemur dibawah sinar matahari untuk mematikan kuman dan penyakit lainnya,
c.       Masukkan pasir tersebut kedalam nampan ukuran 15 cm x 20 cm (sesuaikan dengan ukuran kotak penetasan), dengan ketebalan  kurang lebih 2 – 3 cm,
d.      Taburkan telur jangkrik diatas media pasir dengan secara merata,
e.      Tutup telur jangkrik tersebut dengan pasir setipis mungkin tetapi sampai tertutup agar bisa mmpertahankan kelembaban telur jangkrik,
f.        Masukkan nampan yang berisi telur jangkrik tersebut kedalam kotak penetasan,
g.       Semprotkan air setiap hari supaya media pasir dan telur rutin lembab.

H.    Cara Perawatan dan Pemeliharaan Nimfa/Anak Jangkrik


Seusai menetas nimfa jangkrik bisa dibiarkan bisa juga dipelihara didalam kotak penetasan hingga berusia 10 hari. Nimfa jangkrik yang baru menetas sangat sensitif dan rawan dengan kondisi lingkungan, jadi diperlukan perawatan yang intensif dan penuh keterlambatenan. Apabila  tak dilakukan perawatan dengan baik, maka populasi nimfa jangkrik bakal cepat menyusut. Beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam memelihara nimfa jangkrik, antara lain sebagai berikut ;

a).    Kotak penetasan dibangun dengan ukuran kecil supaya mudah dalam melakukan perawatan bisa juga pengontrolan nimfa jangkrik

b).    Menjaga kelembaban ruangan pemeliharaan, kondisikan supaya ruangan  tak terlalu panas dan  tak terlalu lembab. Untuk menjaga kelembaban, letakkan beberapa botol kecil yang diisi dengan air dan mulut botol ditutup dengan kapas. Usahakan kapas menyentuh air dan rutin basah,

c).    Memperhatikan pakan nimfa, usahakan nimfa memperoleh pakan yang lumayan. Pakan nimfa jangkrik antara lain irisan wortel, tepung kacang hijau bisajuga pur halus yang dibagikan dengan carabergantian. Pakan dibagikan 2 kali dalam sehari.

d).    Memberi penghangat supaya nimfa jangkrik  tak mati kedinginan, apabila udara dingin pada malam hari nimfa butuh penghangat berupa lampu pijar 5 watt,

e).    Menjaga supaya lingkungan tempat pemeliharaan nimfa rutin bersih. Bersihkan dan buang sisa-sisa pakan yang telah lebih dari satu hari supaya lingkungan rutin bersih dan sehat.

I.    Cara Pemeliharaan dan Pembesaran Jangkrik


Seusa ini mfa berusia 10 hari, nimfa bisa dipindahkan kedalam kandang pembesaran. Kandang pembesaran ukuran 100 cm x 60 cm x 30 cm bisa menampung  kurang lebih 4000 ekor jangkrik. Supaya jankgrik cepat besar dan sehat, dalam waktu  pembesaran jangkrik wajib diberi pakan yang sehat dan  tak sedikit mengandung gizi. Pakan yang baik untuk ternak jangkrik yaitu pelet dan sayuran, bagai daun pepaya, rumput, daun katuk, wortel, gambas dan sebagainya.

1.    Cara memberi pakan jangkrik


a.       Terhitung sejak dipindahkan kekandang pembesaran sampai-pada hari ke-30 pakan dibagikan 1 bisajuga 2 kali sehari,
b.      Hari ke-31 dan seterusnya jangkrikcuma diberi pakan pelet dan  tak dibagikan pakan sayuran,
c.       Pakan berupa pelet diletakkan tipis merata ditengah kandang,
d.      Sebelum dibagikan pakan sayuran dicuci terlebih dahulu sampai-pada bersih, kemudian tiriskan sampai-pada airnya hilang,
e.      Sayuran diiris tipis kemudian diangin-anginkan dalamwaktu   tak lebihlebih 5 menit, kemudian pakan dibagikan,
f.        Sisa sayuran yang  tak habis dimakan dalam satu hari dibuang supaya kandang tetap bersih dan sehat,
g.       Terhitung sejak menetas sampai-pada panen diperlukan  kurang lebih 6 kg pakan per 4000 ekor jangkrik.

2.    Cara memberi minum jangkrik


a).    Cara memberi minum jangkrik usia 1 sampai-pada umur 10 hari
–    Minuman nimfa jangkrik dibagikan dengan media spons/busa yang dibasahi,
–    Spons/busa tersebut diletakkan dalam nampan yang dialasi kain bisa juga pasir
–    Basahi kembali spons/busa tersebut apabila kering

b).    Cara memberi minum jangkrik usia 11 hari sampai-pada panen (masa pembesaran)
–    Minuman jangkrik dibagikan didalam wadah/nampan yang diisi kerikil dan air cukupnya,
–    Tambahkan air apabila berkurang.

J.    Tips Berhasil  Pembudidayaan  Ternak Jangkrik


a)      Pilihlah indukan dan bibit yang sehat supaya jangkrik cepat besar dan cepat panen, jangkrik bakal tumbuh kerdil dan lambat perfloranya apabila indukan dan bibitnya kurang baik,
b)      Usahakan supaya suhu didalam kandang jangkrik  tak lebih dari 30 derajat celcius. Apabila suhu kandang diatas 30 derajat celcius jangkrik bakal tumbuh kerdil dan lambat perfloranya,
c)       Usahakan supaya jangkrik  tak kekurangan pakan, kekurangan minum dan  tak lebih tempat persembunyian. Itu dikarenakan  apabila 3 faktor tersebut  tak lumayan bakal muncul sifat kanibalisme bisa juga saling memakan sesama jangkrik,
d)      Supaya jangkrik  tak mencret, bagikan pakan dan minum dengan cara teratur. Kontrol sushu kandang supaya tetap hangat tetapi  tak terlalu panas (suhu  tak lebih dari 30 derajat celcius),
e)      Rutin membersihkan sisa-sisa pakan yang  tak habis dalam 1 hari supaya kandang tetap bersih dan sehat,
f)       Seusai panen, sebelum dipakai kembali kandang dicuci sampai-pada bersih kemudian disemprot dengan desinfektan bisa  juga larutan sirih. Kemudian kandang dijemur dibawah terik matahari dalam waktu  2 hari.

K.    Hama dan Penyakit Jangkrik dan Petunjuk Pengendaliannya


Hama yang  tak jarang menganggu jangkrik antara lain ; semut, cicak, katak, ular, tikus dan serangga kecil lainnya. Petunjuk pencegahannya yaitu dengan mengolesi kaki-kaki kandang memakai minyak tanah, kapur ajaib, gemuk bisa juga oli bekas. Bisa juga memakai kaleng/botol yang diisi air/minyak tanah/oli bekas untuk mengalasi kaki-kaki kandang dan menempatkan kandang  tak menempel pada dinding rumah.

Hingga waktu  ini belum ada penyakit serius yang menyerang jangkrik. Gangguan kesehatan jangkrik umunya berupa infeksi oleh jamur yang dikarenakan oleh pemberian daun-daunaan bisajuga pakan yang  tak sehat. Jamur biasanya terbawa oleh pakan bisa juga dedaunan yang  tak steril. Petunjuk pencegahan bisa diperbuat dengan membagikan pakan sayuran bisajuga dedaunan yang bersih dan sehat dan menjaga kebersihan kandang.

L.    Masa Panen Ternak Jangkrik


Jangkrik bisa dipanen tatkalaberusia 35 – 40 hari sejak menetas. Jangkrik yang dipanen pada umumnya adalah jangkrik remaja, ciri-cirinya yaitu apabila jangkrik telah mulai tumbuh bulu bisajuga sayap dipunggungnya. Petunjuk panen jangkrik diperbuat dengan hati-hati supaya jangkrik  tak terluka bisajuga cacat. Jangkrik siap panen diambil dari kandang kemudian disimpan bisa  juga dikemas pada wadah yang telah disediakan. Seusai berakhir panen jangkrik bisa langsung dipasarkan.

Sebagai Referensi lain silakan simak video dibawah ini:





ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI