Langkah demi Langkah Budidaya Bekicot -->

Translate

Langkah demi Langkah Budidaya Bekicot


 The snail is a kind of fauna that is said is very bermanfa'at for health, had little to some types of cuisine had ingredients of this fauna, from the start until the snail sate-on chips snail has changed export commodities.   Watching this potential certainly only raw materials that usually occur during the rainy season can only be managed with the user-raising snails with an intensive way so do not rely on the rainy season only. King of thumb in today's article tries to share how the instructions are ideal breeding snails.   In the snail farming land area required is very flexible depending on the tastes of the breeder if you want a great result or moderate, if want a great result for sure just the size of land required extensive as well.
Bekicot adalah semacam fauna yang konon kabarnya amatlah bermanfa'at bagi kesehatan, telah tidak sedikit sekali beberapa tipe masakan yang ber bahan fauna ini, dari mulai sate bekicot sampai-pada keripik bekicot yang telah berubah komoditi eksport. 

Menonton potensi tersebut pasti saja bahan baku yang biasa timbul pada musim penghujan saja bisa dikelola dengan petunjuk beternak bekicot dengan-cara instensif jadi tidak mempercayakan pada musim penghujan saja. Raja jempol dalam artikel hari ini mencoba untuk berbagi bagaimana petunjuk pembudidayaan bekicot yang ideal. 

Dalam pembudidayaan bekicot luas lahan yang diperlukan amatlah leluasa tergantung dari selera peternak apakah ingin hasil yang besar atau yang sedang-sedang saja, andai ingin hasil yang besar pasti saja ukuran lahan wajib luas juga.   

Adapun tahapan-tahapan dalam pembudidayaan bekicot adalah sebagai inilah :


Bekicot bisa nasib bagus pada daratan rendah sampai-pada daerah berbukit tidak lebih dari 1000m dari permukaan laut. Namun ada beberapa faktor yang butuh dipertimbangkan dalam pembudidayaan bekicot antara lain : Suhu yang diperlukan bekicot adalah 26'C-29'C, dan kelembaban antara 80-90%.

1. Bagian pertama yaitu persiapan,

Dalam faktor ini mempersiapkan bahan dan peralatan. Kandang wajib didirikan pada tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25 s/d 30 derajat celcius. Petunjuk pemeliharaan bekicot dalam kandang bisa dilakukan dengan petunjuk memisahkan antara bekicot kecil dengan besar atau juga dengan mencampurnya tanpa menonton usia bekicot.

Bedakan mana bekicot yang terbukti untuk tujuan pembibitan[indukan] dan mana yang yang dipanen. Ada beberapa tipe kandang dalam membudidayakan bekicot antara lain ,
kandang kotak kayu yang terbuat dari lembaran kayu triplek berkaki ukuran panjang dan lebar 1 X 1 meter tinggi 1,25 meter diatas kotak tersebut dikasih kawat kasa supaya bekicot tidak keluar dan tempat berteduh, kandang semen tidak beeda dengan ukuran kandang kotak kayu kandang semen juga demikian cuma saja dibagian dasar kandang dikasih tanah yang mengandung cacing guna menjaga kelembaban kandang dengan tebal lapisan tanah kurang lebih 30 cm dan kandang galian tanah berkapasitas panjang, lebar dan tinggi 1x1x1 m, tanah galian yang bakal dipakai pilih yang agak kering dan dibawah pohon rimbun. 


2. Bagian kedua Pembibitan,

Ada dua tipe bekicot yang biasa diternak yaitu spesise Achatina fulica dan Achatina variegata. 


Pemilihan Bibit Calon Induk :

Tidak semua tipe bekicot tepat untuk dibudidayakan. Dua tipe bekicot yang biasa diternakkan, yaitu spesies Achatina fulica dan Achatina variegata. Ciri bekicot tipe Achanita fulica biasanya warna garis-garis pada tempurung/cangkangnya tidak begitu mencolok. Namun kenyataannya tipe Achatina variegata warna garis-garis pada cangkangnya tebal dan berbuku-buku.

Jika bibit unggul belum terdapat maka sebagai langkah pertama bisa dipakai bibit lokal dengan jalan mengumpulkan bekicot yang tidak sedikit terdapat di kebun pisang, kelapa, dan semak belukar. Bekicot yang bagus dijadikan bibit adalah yang tidak rusak/cacat yang sementara waktu dan yang besar dengan berat lebih tidak lebih 75-100 gram/ekor. 

Reproduksi dan Perkawinan:  Bekicot biasanya mulai kawin pada usia enam hinggatujuh bulan ditempat pemeliharaan yang lumayan memenuhi syarat. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ke tempat yang lebih aman. Bekicot bertelur di sembarang tempat. Jumlah telurnya setiap penetasan biasanya lebih dari lima puluh butir (50-100). Jumlah produksi telur tergantung masa subur bekicot itu sendiri.

Besar telur bekicot tidak lebih dari 2 mm.  Proses Kelahiran :  Telur bekicot bakal menetas sehabis usianya cukup. Pada waktu telur itu menetas dan berubah anak cangkang, biasanya tidak ditunggui induknya. Begitu bekicot berakhir bertelur, telurnya ditinggalkan begitu saja. Telur bekicot bakal pecah sendiri melewati proses alam.

Penetasan bekicot sampai-pada berubah anak tergantung pada keadaan tempat dan waktu tetas. Bilamana tempat itu memenuhi syarat (sempurna) bagai kelembaban tanah, iklim dan cahaya yang mencukupi, maka telur bakal cepat menetas. Sebaliknya apabila keadaan tanah/iklim kering dan tempatnya tidak lebih menguntungkan maka telur bakal lambat menetas.


3. Bagian ketiga pemilihan calon indukan

Itu disebabkan karena bibit unggul belum tersedia, bisa menggunakan_dengan bibit lokal dengan jalan mengumpulkan bekicot yang tidak sedikit terdapat dikebun pisang, kelapa atau semak belukar saat/ketika musim hujan tidak sedikit sekali dijumpai.

Bekicot tidak sedikit sekali ditemukan didaerah pedesaan, jadi kamu cuma wajib mengumpulkan bekicot-bekicot tersebut ke dalam kandang yang telah disediakan tadi, selanjutnya untuk memilih indukan bisa dipilih sesuai kriteria inilah ini : Bertubuh besar dengan ukuran 6-7cm dan berat kurang
lebih 70gr.

Mempunyai cangkang yang kuat dan bersih. Untuk pemilihan induk tidak butuh memperhatikan tipe kelamin, itu disebabkan karena bekicot adalah fauna yang memiliki kelamin ganda. Bekicot yang telah dipilih bisa langsung ditempatkan di dalam kandang penetasan. Setiap kandang penetasan bisa diisi 10 pasang bekicot. Untuk pemindahan bekicot dari kandang ke kandang penetasan alangkah baiknya dilakukan pada malam hari. 

4. Bagian keempat Reproduksi dan Perkawinan.

Snails are animals that have a double genitalia. For that you do not need to be difficult - difficult to distinguish. The important thing is more than one adult snail will pass marriage. Ha also occurs in worms which had double keamin. In this section snails usually start mating at the age of six months of maintenance hinggat8ujuh. At the time of mating the female snails began to back away to the place that is more secure, snails lay eggs hatching disembarang place any number of eggs over 50-100 grains.

Bekicot adalah binatang yang memiliki alat kelamin ganda. Untuk itu anda tak perlu susah – susah membedakannya. Yang penting lebih dari satu bekicot dewasa maka akan terjadilah perkawinan. Ha ini juga terjadi pada cacing yang memiliki keamin ganda. Dalam bagian ini bekicot biasanya mulai kawin pada umur enam hinggat8ujuh bulan ditempat pemeliharaan. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ketempat yang lebih aman, bekicot bertelur disembarang tempat setiap penetasan jumlah telurnya lebih dari 50-100 butir. 

5. Bagian kelima Proses Kelahiran,

The birth process,    At this stage the snail eggs hatch after age enough. At the time the child turns hatched shells are usually not attended by their parents, memnetas by itself.   To initiate the cultivation of livestock snails location factors need to be considered. Location need been that close to the road, so easy to handle, nice cage production time, time control and post-harvest handling, meaning that at the time of the harvest raised no difficulties in transportation.   The location is suitable for snail farming is wet and damp locations and shielded from sunlight by-direct way. Tidakhanya also preferred soil is soil contains little lime as a substance for forming the shell.   After obtaining a suitable location then to cultivate them need be prepared: Preparation Facility and Equipment: perkandangan Mesikipun land required is not too extensive, but the terms of moisture and shade perkandangan need attention, it is because in the original and to multiply the means nice snail happy with moist and shady conditions.   Cage set up in the soil is dry, shady, humid with temperatures ranging from 25-30 degrees C. When created in big cities like Jakarta, the land could be conditioning your cage in the shade, by providing a protection of plants, trees placed at approximately the cage ,   To keep the humidity can be placed buckets of water to be given the strands of cloth that easily absorbs water. But do not forget to give abate powder or put a small fish in a bucket of water to prevent mosquito breeding. Maintenance instructions snails are not too difficult.   Could have done with separate-way, meaning that small snails are kept separated from the great. Or done-way mix, namely small and large snails kept in one cage without watching age / size. When performed by a separate risk-way shall be built a few cages.   Benefits of the enclosure among others for hatching, enlargement and as a den mother. There are three clues raising snails in a cage, among others: Wooden Box Cage: Cage made in sheet-legged plywood. For the skeleton can be used wooden rafters. The length and width of the enclosure is 1 x 1 meter, 1.25 meter high.   On top of the box is given wire netting, so that the snails are not out of the cage. It would be nice at the top of the box need be made shelter, that it may be a dark routine / not direct sun. Cages From Bak Cement Production is the same cage with a wooden box enclosure.   In cement tanks that need to be considered is the base. To create a humid atmosphere, cement pedestal given soil and worms need to loosen the soil and absorb dirt issued snail. Thick layers of soil in a bath of approximately 30 cm. Nutrients needed snail let routine contained in the Cage tub Excavated Soil: Soil excavated with a length, width and height 1 x 1 x 1 m.   It took note would be nice dugouts that will be used to corral been somewhat dry. It would be nice enclosure built under the green trees, the walls are too wet if need be given a layer of sand.   To keep the dark routine circumstances, like the first clue and the second, in the top of the cage needs created raised beds as cover. Harvest time, when the cage is made of dugouts, user-extracted with menggunakan_dengan pole which can be clamped so that the snail snails and their eggs are not broken.

Pada tahapan ini telur bekicot menetas sehabis umurnya cukup. Pada waktu menetas berubah anak cangkang yang biasanya tidak ditunggui induknya, memnetas dengan sendirinya.   

Untuk mengawali usaha pembudidayaan ternak bekicot butuh dipertimbangkan faktor lokasi. Lokasi butuh dipilih yang dekat dengan jalan, supaya gampang penanganannya, bagus waktu produksi kandang, waktu pengontrolan maupun penanganannya pascapanen, artinya pada waktu mengangkat hasil panen tersebut tidak kesulitan dalam transportasinya.

Lokasi yang sesuai untuk pembudidayaan bekicot adalah lokasi yang basah dan lembab dan terlindung dari cahaya matahari dengan-cara langsung. Tidakhanya itu juga tanah yang disukai adalah tanah yang tidak sedikit mengandung kapur sebagai zat untuk pembentukan cangkang. 

Sehabis memperoleh lokasi yang sesuai maka untuk membudidayakannya butuh disiapkan :  Penyiapan Sarana dan Peralatan :  Perkandangan Mesikipun lahan yang diperlukan tidaklah terlalu luas namun persyaratan tentang kelembaban dan keteduhan perkandangan butuh diperhatikan, itu disebabkan karena dalam aslinya dan untuk berkembang biak dengan-cara bagus bekicot bahagia dengan keadaan yang lembab dan teduh.

Kandang didirikan di tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25-30 derajat C. Apabila di buat di kota besar bagai Jakarta, lahan perkandangan bisa di kondisikan di tempat yang teduh, dengan memberikan perlindungan berupa tanaman, pohon diletakan di kurang lebih kandang.

Untuk menjaga kelembaban bisa diletakan ember-ember berisi air dengan diberikan untaian-untaian kain yang gampang menyerap air. Tapi jangan lupa untuk memberikan bubuk abate atau memasukan ikan kecil di dalam ember air, untuk mencegah nyamuk berkembang biak.  Petunjuk pemeliharaan bekicot tidak terlalu sulit.

Bisa dilakukan dengan-cara terpisah, artinya bekicot yang kecil dipelihara terpisah dari yang besar. Atau dilakukan dengan-cara campuran, yaitu bekicot kecil dan besar dipelihara dalam satu kandang tanpa menonton umur/besarnya. Bila dilakukan dengan-cara terpisah resikonya wajib dibangun beberapa kandang.

Manfaat kandang itu antara lain untuk penetasan, pembesaran dan sebagai kandang induk.  Ada tiga petunjuk berternak bekicot di dalam kandang, antara lain:  Kandang Kotak Kayu :  Kandang terbuat dalam lembaran kayu tripleks yang berkaki. Untuk kerangkanya bisa dipakai kayu kaso. Ukuran panjang dan lebar kandang adalah 1 x 1 meter, tinggi 1,25 meter.

Di atas kotak tersebut dikasih kawat kasa, supaya bekicot tidak keluar dari dalam kandang. Alangkah baiknya di atas kotak butuh dibuatkan tempat berteduh, supaya keadaan tempat rutin gelap/tidak langsung kena sinar matahari.  Kandang Dari Bak Semen :  Produksi kandang ini sama dengan kandang kotak kayu.

Dalam bak semen yang butuh diperhatikan adalah alasnya. Untuk menciptakan suasana lembab, alas semen butuh dikasih tanah dan cacing untuk menggemburkan tanah dan menyerap kotoran yang dikeluarkan bekicot. Tebal lapisan tanah di dalam bak kurang lebih 30 cm. Zat-zat makanan yang diperlukan bekicot hendaklah rutin terdapat di dalam bak  Kandang Galian Tanah :  Tanah digali dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 1 x 1 x 1 m.

Butuh diperhatikan alangkah baiknya tanah galian yang bakal dipakai untuk kandang dipilih yang agak kering. Alangkah baiknya kandang dibangun di bawah pohon yang rimbun, andai dindingnya terlalu basah butuh dikasih lapisan pasir.

Untuk menjaga keadaan rutin gelap, bagai petunjuk pertama dan kedua, di atas kandang butuh dibuatkan bedeng sebagai penutup. Masa panen, bila kandangnya terbuat dari tanah galian, petunjuk pengambilannya dilakukan dengan menggunakan_dengan galah yang bisa menjepit bekicot supaya bekicot dan telurnya tidak rusak. 

4. Pembesaran: 

Pembesaran adalah bagian lanjutan sehabis penetasan telur dan pemeliharaan anak bekicot. Pembesaran yang dilakukan di kandang dilakukan sehabis anak bekicot berusia 7-15 hr. Kegiatan pembesaran dimulai dengan pemindahan anak bekicot dari kandang penetasan ke dalam kandang pembesaran. Pada waktu pemindahan wajib dilakukan dengan hati-hati itu disebabkan karena cangkang bekicot tetap amatlah rapuh.

Sehabis anak bekicot dipindahkan ke dalam kandang pembesaran, butuh diperhatikan pemberian vaselin di kurang lebih dinding kandang, supaya anak bekicot tidak keluar dari kandang. Supaya pembesaran bekicot sempurna perbuat penyiraman kandang sehari 2x yaitu padi dan sore hari supaya kelembaban dan suhu kandang bisa terjaga dengan baik.

Bekicot bisa dipanen sehabis berusia kurang lebih 7-10 bulan.  5. Pemasaran  Bekicot segar adalah bekicot yang dijual dalam bentuk segar dan tetap hidup. Petunjuk umum yang dipakai yaitu dengan menempatkan bekicot ke dalam keranjang atau langsung di bak truk dengan petunjuk berlapis-lapis antara bekicot dan pelindung.


Bekicot olahan adalah bekicot yang diolah terlebih dahulu sebelum dipasarkan. sebelum mengolah bekicot hendaknya bekicot tidak dikasih makan dahulu dalamwaktu 2 hari untuk membersihkan kotoran yang ada didalamnya    


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI