Petunjuk Lengkap Teknik Budidaya Pohon Anggrek Untuk Pemula -->

Translate

Petunjuk Lengkap Teknik Budidaya Pohon Anggrek Untuk Pemula

advertise anggrek barbie dreamhouse best android tablets bibit anggrek budidaya anggrek  image results budidaya anggrek  video results budidaya anggrek bulan budidaya anggrek cattleya budidaya anggrek dalam botol budidaya anggrek dendrobium budidaya tanaman anggrek  anggrekorg budidaya tanaman anggrek  budidayanewsblogspotcom cached cara budidaya anggrek cara budidaya anggrek di pot  sipendikcom cara budidaya anggrek lengkap  budidaya petani cara budidaya anggrek pada cara menanam anggrek dengan sabut kelapa cara merawat dan budidaya tanaman hias anggrek bulan cara merawat tanaman anggrek corelle dinnerware desk calendar download firefox  the faster smarter easier way to browse the web and all of yahoo free download  mozilla firefox web browser george foreman grill help hot wheels tracks jenis anggrek kumpulan budidaya budidaya anggrek mens thermal underwear merawat anggrek dalam pot more budidaya anggrek images more budidaya anggrek videos next north face vests panduan budidaya anggrek  android apps on google play perawatan anggrek privacy pupuk untuk anggrek rechargeable batteries submit your site suggestions tanaman anggrek tanaman bunga anggrek budidaya anggrek terms tips budidaya anggrek  daun hijau tips jitu menanam anggrek dalam pot  merawat bunga womens vests wwwmozillaorg

Posted by marsya putri 

Berikut ini adalah seputar info yang kami bagikan untuk kamu semuanya tentang Pembudidayaan Pohon Anggrek. Pastinya dalam menjalani kehidupan yang terus moderen ini tak sedikit sekali kebutuhan yang ingin kami penuhi, maka dengan usaha yang maksimal dan disertai doa bakal terwujudnya keinginan yang kami inginkan. Info dibawah ini adalah sebagai penyemangat kamu dalam berusaha di bidang yang kamu tekuni pada waktu ini, simak baik-baik apa yang kami sampaikan.

Setiap kaum wanita tentu menyukai bunga, salah satunya bunga anggrek. Bunga yang satu ini mempunyai beberapa macam bentuk bunga dan warna yang memikat hati bagi yang melihatnya. Pohon hias yang satu ini mempunyai penampilan amatlah menarik. Keindahan pohon anggrek bisa dilihat dari untaian, bentuk, warna maupun corak bunga yang amatlah bervariasi. Bunga anggrek adalah tipe bunga potong, berdaya tahan lumayan baik jadi bisa lebih awet untuk dinikmati keindahannya.


PERBANYAKAN BIBIT TANAMAN ANGGREK

Perbanyakan bibit anggrek bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu perbanyakan dengan-cara generatif bisa juga petunjuk vegetatif. Perbanyakan generatif adalah perbanyakan dilakukan melalui proses perkawinan bisa juga penyerbukan, yaitu menggunakan dengan biji. Sementara itu, perbanyakan vegetatif adalah perbanyakan pohon menggunakan dengan tahap vegetatif pohon itu sendiri, bisa dilakukan menggunakan dengan teknik stek, keiki, pemisahan rumpun, maupun kultur jaringan.

A. Perbanyakan Pohon Anggrek Dengan-cara Generatif

Biji anggrek bisa diperolah dengan petunjuk melakukan perkawinan bisa juga penyerbukan buatan terlebih dahulu. Penyerbukan dengan-cara alamiah amatlah susah berhasil, tidak hanya wajib melakukan pernyerbukan, biji anggrek memperlukan waktu relatif lama sampai-pada tumbuh berubah bibit tanaman. Jadi perbanyakan menggunakan dengan petunjuk ini jarang dilakukan oleh pembudidaya pohon anggrek.

Biji anggrek amatlah bergantung pada kehadiran cendawan mikoriza. Biji pohon anggrek memperoleh nutrisi dari sekresi cendawan mikoriza. Penyemaian biji anggrek biasanya dilakukan menggunakan dengan media yang terdiri dari kalsium nitrat 1 gram, monobasicpotasium fosfat 0,25 gram, magnesium sulfat 0,25 gram, amonium sulfat 0,50 gram, sukrosa 20 gram, ferro sulfat 0,025 gram, mangaan sulfat 0,0075 gram, agar-agar 10-20 gram dan air kelapa 100-150 cc. Biji tersebut ditebar di atas media bagai telah diuraikan di atas. Selanjutnya dijaga rutin dalam kondisi steril (pH 5,0-5,2). Biasanya biji anggrek bakal berkecambah waktu berusia tiga minggu sehabis semai. Waktu berusia 9-12 bulan sehabis semai, bibit anggrek bisa dipindah tanamkan ke media yang lebih besar bisa juga ke dalam pot komunitas.

Media penyemaian biji anggrek tersebut terbukti amatlah susah didapat. Oleh itu disebabkan karena itu, bagi pembudidaya pohon anggrek bisa melakukan penyemaian biji anggrek melalui jasa penyedia media, biasanya melalui jasa laboratorium pohon anggrek. Sehabis bibit tersebut bisa tumbuh di media agar-agar dalam botol maka bibit tersebut bisa diambil.

B. Perbanyakan Pohon Anggrek Dengan-cara Vegetatif

Perbanyakan bibit anggrek menggunakan dengan petunjuk vegetatif ini biasanya bisa menghasilkan keturunan yang mempunyai karakter sama dengan induknya. Penyimpangan genetik biasanya terjadi itu disebabkan karena faktor luar lain, bagai pemupukan, serangan penyakit penyakit, maupun kondisi lingkungan. Perbanyakan vegetatif dilakukan dengan petunjuk mengambil tahap pohon tertentu selanjutnya menanamnya dengan-cara terpisah pada lahan yang telah dipersiapkan.

a. Perbanyakan Pohon Anggrek Menggunakan dengan Teknik Pemisahan Rumpun

Perbanyakan pohon menggunakan dengan teknik pemisahan rumpun bisa dilakukan dengan petunjuk memecah tunas anggrek simpodial bisa juga berbatang semu, bagai Dendrobium sp. maupun Cattleya sp. Anggrek siap dipecah alangkah baiknya dipilih yang bercabang 3-5. Sehabis dipecah, pohon tersebut bisa langsung ditanam pada media tanam.

b. Perbanyakan Pohon Anggrek Menggunakan dengan Keiki

Keiki adalah anakan anggrek yang tumbuh liar di ujung umbi. Keiki ini berupa tunas yang timbul di ruas-ruas pohon dewasa. Keiki bisa juga tunas liar tersebut bakal terbentuk apabila media tanam tak sempat diganti, jadi akar pohon tak sedikit yang rusak. Terhambatnya pertumbuhan akar pohon tersebut mengakibatkan pertumbuhan tunas yang seharusnya timbul pada pangkal batang pindah ke ruas tanaman. Apabila pohon rajin diganti media tumbuhnya, maka kemungkinan timbul keiki amatlah kecil. Oleh itu disebabkan karena itu, bila pembudidaya ingin melakukan perbanyakan anggrek dengan memanfaatkan keiki, maka media tanam anggrek tersebut tak diganti.

Keiki yang bakal ditanam alangkah baiknya dicari yang berkapasitas panjang tak lebih lebih 20 cm dan telah menghasilkan akar sebanyak 3-4 helai. Pemotongan dilakukan dengan-cara hati-hati, umbi induk wajib ikut terangkat. Menyertakan umbi induk waktu pemotongan berfungsi memberikan cadangan makanan pada keiki sebelum keiki sanggup menyerap makanan sendiri, bisa juga hingga terbentuknya akar. Keiki alangkah baiknya tak langsung ditanam melainkan   ditempelkan dulu di lempengan pakis hinggaterjadi penambahan umbi. Apabila umbi telah terbentuk 2-3 buah, keiki siap dipindahkan ke pot. Anggrek perbanyakan menggunakan dengan petunjuk keiki masa berbunganya lebih lama dibandingkan menggunakan dengan petunjuk pemisahan rumpun. Perbanyakan anggrek dengan keiki ini cuma bisa dilakukan pada anggrek Dendrobium sp.

c. Perbanyakan Pohon Anggrek Dengan Petunjuk Teknik Stek

Perbanyakan anggrek menggunakan dengan teknik stek adalah petunjuk perbanyakan vegetatif menggunakan dengan batang bisa juga tunas. Perbanyakan anggrek petunjuk ini biasanya dilakukan pada pohon anggrek berbatang satu bisa juga anggrek tipe monopodial, dan pada pohon dengan petunjuk nasib terestrial, bagai anggrek Arachnis sp., Vandaterestrial, maupun Aeridachnis sp..

Cara melakukan perbanyakan pohon anggrek menggunakan dengan teknik stek ini bisa dilakukan dengan mengambil tahap pohon yang tingginya telah mencapai dua meter bisa juga lebih. Batang pohon tersebut dipotong kira-kira 80 cm dari pucuk tanaman. Bekas potongan batang tersebut dioles perangsang akar umpama rooton F, selanjutnya ditanam pada media tanam. Pada umur enam bulan, tahap pangkal batang yang ditanam tersebut telah tumbuh akar, biasanya telah timbul tunas-tunas baru. Dengan demikian proses perbanyakan anggrek tersebut bisa dikatakan berhasil.

d. Perbanyakan Pohon Anggrek Menggunakan dengan Teknik Kultur Jaringan

Perbanyakan menggunakan dengan petunjuk ini bakal menghasilkan bibit dalam jumlah lebih tak sedikit dibandingkan menggunakan dengan perbanyakan petunjuk lainnya. Cuma dengan sebagian kecil dan jaringan pohon telah bisa diperoleh ribuan bibit. Perbanyakan ini umumnya dilakukan pembudidaya pohon anggrek yang berorientasi usaha bisa juga bisnis dalam skala besar, untuk memenuhi permintaan konsumen.

Pemilihan Media Tanam Anggrek

Cara Teknik Pembudidayaan Pohon Anggrek yang Benar

Media tanam mempunyai manfaat mutlak sebagai tempat tumbuh pohon anggrek. Tidak hanya itu, media tanam juga berfungsi menyimpan air maupun unsur hara yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, maka media tanam wajib memenuhi standar pertumbuhan pohon anggrek. Beberapa kondisi media tanam yang memenuhi standar tersebut antara lain, media wajib poros, gampang menyimpan air, tak gampang diinangi penyakit, mempunyai daya aerasi lumayan baik, sanggup memberikan tambahan nutrisi tanaman, murah, dan gampang didapat.

Tanaman anggrek bakal mempunyai pertumbuhan optimal apabila media tanam tersebut mempunyai derajat keasaman (pH) antara 6-6,8. Oleh itu disebabkan karena itu, pengecekan pH media wajib dilakukan itu disebabkan karena media tanam ini amatlah mempengaruhi laju pertumbuhan maupun pembuatan bunga anggrek yang dibudidayakan. Untuk mengenal pH media tanam bisa dilakukan pengukuran menggunakan dengan pH tester.

Penggantian media tanam baru juga wajib dilakukan apabila pertumbuhan pohon anggrek telah terlalu padat bisa juga jumlah tunas maupun batangnya telah terlalu padat dalam satu pot; kondisi media tanam telah hancur, yang bisa menyebabkan media berubah asam; dan sehabis berakhir berbunga, supaya bisa merangsang tumbuhnya tunas anakan baru. Media tanam yang biasa dipakai oleh pembudidaya bisa juga pecinta anggrek di Indonesia adalah pecahan batu bata bisa juga genteng, serutan bisa juga potongan kayu, sabut kelapa, arang kayu, dan moss kadaka.

Pemupukan Pohon Anggrek

Pemupukan adalah kegiatan memberikan nutrisi bisa juga unsur hara yang diberikan terhadap tanaman. Pemupukan bisa dilakukan melalui akar maupun daun. Pemupukan melalui akar dilakukan dengan petunjuk memberikan pupuk pada media tanaman. Sedangakan pemupukan melalui daun dilakukan dengan petunjuk memberikan pupuk melalui mulut daun. Pemberian pupuk melalui daun biasanya dilakukan dengan penyemprotan pupuk pada permukaan daun, khususnya permukaan daun tahap bawah, itu disebabkan karena mulut daun tak sedikit tersedia di permukaan daun tahap bawah. Pemupukan lewat daun ini lebih afektif, itu disebabkan karena mulut daun ini sanggup menyerap pupuk yang diberikan sebanyak 90%.

Kebutuhan unsur hara pada setiap fese pertumbuhan pohon anggrek berbeda-beda. Untuk anggrek yang tetap pada fase pembibitan memperlukan unsur hara nitrogen lebih tinggi, yaitu 60% N, 30% P, dan 10% K. Pupuk diberikan lumayan sekali melalui daun dalamwaktu fase pembibitan. Pada fase pohon muda, kebutuhan nutrisi bisa juga unsur haranya adalah 30% N, 30% P, dan 30% K. Pemberian pupuk melalui daun lumayan diberikan seminggu sekali, namun kenyataannya pemupukan melalui akar bisa diberikan tiga minggu sekali. Kebutuhan pupuk untuk anggrek dewasa yang telah memasuki fase generatif bisa juga pembungaan adalah 10% N, 60% P, dan 30% K. Pemupukan lewat daun diberikan seminggu sekali, namun kenyataannya pemupukan lewat akar bisa diberikan tiga minggu sekali pada media tanam.

Penyiraman Pohon Anggrek

Cara Teknik Pembudidayaan Pohon Anggrek yang Benar

Air adalah kebutuhan pokok mahluk hidup. Bagai halnya pohon lain, anggrek juga bakal mempunyai pertumbuhan yang optimal apabila kebutuhan air tercukupi. Namun pemberian air pada pohon tak boleh berlebihan, itu disebabkan karena bakal mengakibatkan media tanam terlalu lembab dan gampang terserang penyakit. Apabila media tanam terlalu kering, maka bakal terjadi sesuatu dehidrasi yang ditandai dengan mengerutnya umbi semu. Demikian juga sebaliknya, apabila pemberian air terlalu berlebihan, maka akarnya bakal gampang terserang penyakit, khususnya busuk akar maupun busuk pangkal batang. Apabila anggrek terjadi sesuatu busuk akar, maka penyerapan unsur hara bakal terhambat, dan pohon bisa terjadi sesuatu kelayuan.

Beberapa proses dalam jaringan pohon berlangsung dengan bantuan air. Misalnya, fotosintesis berupa asimilasi CO2di dalam butir hijau daun dengan bantuan cahaya. Asimilasi protein pun cuma mungkin terjadi apabila ketersediaan air mencukupi. Pengangkutan unsur hara dari akar ke seluruh tahap pohon juga menggunakan dengan bantuan air. Demikian juga dengan pengangkutan basil fotosintesis ke akar bisa juga tahap pohon lain.

Pengairan lumayan bakal mempengaruhi proses respirasi pada tanaman. Pohon anggrek bakal menyerap air untuk menopang pertumbuhannya. Air yang telah diserap oleh pohon bakal menguap apabila suhu lingkungan terlalu tinggi selanjutnya dengan cadangan air yang cukup, bakal menurunkan suhu tanaman. Pohon yang terjadi sesuatu kekurangan air maka tekanan turgor bakal menyusut bisa juga berkurang jadi organ tumbuh bakal layu dan pada akhirnya mati. Namun, apabila pohon yang terjadi sesuatu kekurangan air tersebut belum melalui titik layu permanen, dengan pemberian air yang tepat, maka turgor sel bakal kembali bagai semula jadi pohon bisa nasib dengan normal.

Penyiraman dengan-cara berlebihan pada pohon anggrek bakal mengakibatkan pertumbuhan terganggu. Air yang berlebihan bakal membungkus permukaan akar tanaman, jadi akar bakal kesulitan bernafas. Penyerapan air yang berlebihan oleh pohon juga bakal mengakibatkan anggrek gampang terserang penyakit dan penyakit. Butir-butir air bakal terkumpul di pucuk pohon jadi tunas anggrek bakal gampang terinfeksi oleh cendawan bisa juga bekteri. Tunas yang terserang penyakit bakal berwarna cokelat kehitaman dan akhirnnya mati.

Frekuensi dan volume pemberian air pada pohon anggrek berbeda-beda, tergantung pada tipe dan kondisi lingkungan. Pohon anggrek monopodial, bagai anggrek Vanda sp., Arachnis sp., maupun Renantherasp. adalah tipe pohon yang memperlukan intensitas cahaya matahari langsung. Oleh itu disebabkan karena itu, tipe anggrek ini memperlukan air lebih tak sedikit dibanding tipe anggrek lain. Penyiraman pada waktu musim kemaru paling tak dilakukan dua kali sehari.

Faktor Yang Menentukan Frekuensi Dan Volume Penyiraman Pada Pohon Anggrek

a. Tipe Pohon Anggrek

Jenis pohon anggrek amatlah mempengaruhi frekuensi dan volume pemberian air. Pohon anggrek yang tumbuh dengan intensitas sinar matahari langsung, bagai anggrek terestrial bisa juga tipe anggrek tanah, bagai Vanda, Renanthera, Arachnis, dan Renanthera, maupun pohon anggrek tipe litofit, bagai Dendrobium, dan Phalaenopsis, memperlukan air yang lebih tak sedikit dibanding dengan tipe anggrek yang lain. Apalagi apabila kondisi cuaca amatlah panas, pemberian air wajib dilakukan lebih banyak. Penyiraman pada siang hari wajib dilakukan dengan hati-hati itu disebabkan karena justru bakal mengakibatkan daun pohon terbakar. Penyiraman alangkah baiknya menggunakan dengan alat semprot yang bisa membasahi seluruh permukaan tanaman.

Berbeda dengan tipe pohon anggrek di atas, untuk tipe anggrek epifit(Cattleya dan Oncidium), semi-epifit (Brassavola, Epidendrum, Laelia), dan saprofit (Goodyera), kebutuhan bakal air lebih sedikit. Pemberian air lumayan dilakukan satu kali sehari. Pohon anggrek tipe ini amatlah rentan terhadap keunggulan air. Apabila terjadi kejenuhan air, maka pohon bakal gampang terserang penyakit busuk akar.

Waktu penyiraman yang baik pada pohon anggrek yaitu pada pagi hari kurang lebih pukul 07.00-09.00 dan dan sore hari kurang lebih pukul 16.00-18.00. Penyiraman pada siang hari bakal beresiko, itu disebabkan karena justru membikin daun pohon terbakar. Apabila pohon terjadi sesuatu kekeringan pada siang hari, alangkah baiknya tak buru-buru dilakukan penyiraman, itu disebabkan karena anggrek tak bakal terjadi sesuatu kematian cuma itu disebabkan karena kekurangan air dalamwaktu beberapa jam. Penyiraman alangkah baiknya dilakukan sehabis cuaca tak begitu panas.

b. Media Tanam Bunga Anggrek

Media tanam bunga anggrek amatlah mempengaruhi frekuensi dan volume pemberian air. Nilai media tanam amatlah berpengaruh pada performa dalam faktor menyerap dan mengikat air. Dengan demikian, frekuensi dan volume pemberian air antara media pohon yang satu dengan media tanam yang lain berbeda-beda. Media tanam yang mempunyai daya serap air besar kebutuhan penyiramannya tak sama dengan media tanam yang berdaya serap kecil. Pada media tanam bunga anggrek yang mempunyai daya serap air bagus, bagai sabut kelapa, pakis, bisa juga kadaka, memperlukan penyiraman yang lebih sedikit yaitu lumayan satu kali sehari. Sementara itu, pada media tanam yang mempunyai daya serap air rendah, bagai arang, becahan batu bata bisa juga genteng, dan potongan bisa juga serutan kayu, memperlukan volume dan frekuensi penyiraman yang lebih tinggi.

c. Kondisi Cuaca


Pada cuaca panas, dengan terik sinar matahari tinggi, penyiraman dilakukan lebih tak jarang dengan volume air yang lebih banyak, khususnya pada media yang mempunyai daya simpan air rendah. Untuk tipe anggrek panas, penyiraman alangkah baiknya dilakukan sehabis permukaan media pohon tampak kering. Untuk tipe pohon anggrek dingin penyiraman dilakukan waktu kelembaban udara dirasa lumayan rendah dan temperatur tinggi. ( sumber : marsya putri - carabrink.blogspot.co.id )

Untuk Meliihat Video lainnya tentang cara merawat anggrek silakan lihat video berikut ini.


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI