Panduan Menetaskan Telur Bebek -->

Translate

Panduan Menetaskan Telur Bebek

Gbr: http://www.ilmuhewan.com/wp-content/uploads/2016/08/bebek-pedaging.png

Telur itik tetas merupakan telur yang berasal dari itik betina yang dibuahi (kawin) oleh itik jantan. Tak sedikit tutorial yang lebih aman untuk memperoleh telur tetas itik antara lain dengan membeli telur tetas itik dari hasil itik yang digembalakan (angon) bisa juga itik yang dipelihara di dalam kandang (intensif)dengan fasilitas kolam di dalamnya.

Pada kodratnya itik hanya bisa bertelur tetapi dia tidak bisa mengerami. Walaupun Telur ini tidak di erami sebenarnya telur telur tersebut bisa menetas dengan sendirinya walau hanya di letakkan begitu saja. Biasanya Bebek bertelur di tempas yang empuk dan hangat. Jika telur tersebut kena sinar mata hari maka akan mengalami pertumbuhan sebagaimana di erami oleh induknya. jika sudah cukup waktunya maka telur tersebut akan menetas dengan sendirinya walau tanpa induknya.

Makanya anak itik jika di erami oleh induk lain misalnya mentok atau ayam kampung biasanya anak itik akan langsung meninggalkan sarang tanpa menunggu induk yang mengeraminya. karena mungkin nalurinya tidak memiliki induk. Dengan kata lain anak itik akan hidup mandiri tanpa bantuan induknya.

Namun penetasan aami ini tentunya sangat banyak kekurangannya misalnya suhu tak setabil yang mengakibatkan daya tetas itik menjadi kecil.

Itik yang digembalakan biasanya dibekali dengan pejantan jadi di sela-sela saat penggembalaan itik jantan bakal mengawini itik-itik betina yang sedang birahi. Oleh sebab itu biasanya telur itik gembalaan memiliki tingkat fertilitas yang tinggi. Salah satu ciri telur tetas itik dari hasil penggembalaan (angonan) merupakan kulit bisa juga kerabang telur relatif lebih kotor daripada telur itik hasil pemeliharaan terkurung (kandang).Telur tetas itik memiliki syarat sebagai berikut :


Berasal dari hasil perkawinan induk jantan serta betina dengan imbangan sex ratio (1:6-8 ekor)
·         Berat telur = 60 gram
·         Berasal dari induk yang berusia lebih dari 9 bulan
·         Lama penyimpanan telur tak lebih dari 5 hari
·         Kerabang telur tak terlalu tebal bisa juga tipis

Andai kami merenungkan fakta penciptaan makhluk di bumi ini tentu semua ada hikmah serta pelajaran yang dapat kami ambil tak terkecuali itik.

Itik diciptakan sebagai ternak unggas air yang memiliki tingkat produktifitas telur termasuk tinggi yaitu kurang lebih  200-250 butir/ekor/tahun. Di balik keunggulannya tersebut tersedia juga segi ketidak lebihannya yaitu itik tak memiliki sifat mengerami telurnya sebagaimana unggas-unggas lainnya. Oleh sebabnya dalam mengembangbiakkannya butuh tutorial tersendiri yaitu dengan menetaskan telurnya.

Ada berbagai tutorial untuk menetaskan telur itik, antara lain :

Cara Menetaskan Telur Bebek Dengan bantuan induk ayam kampung

Caranya merupakan dengan mengganti telur ayam kampung yang sedang dierami dengan telur itik. Seekor induk ayam kampung sanggup mengerami telur itik hingga 15-20 butir tergantung besar-kecilnya induk serta tempat bersarang. Lama pengeraman berjalan selagi 28 hari serta Jangan ada asumsi bahwa telur bakal dierami selagi 21 sebagaimana telur ayam. Yang butuh diperhatikan merupakan jangan hingga kami membikin stress ayam dengan usaha kami mengganti telurnya.

Dengan bantuan enthok

Menetaskan telur itik dengan bantuan induk enthok telah lama diperbuat masyarakat kita. Yang butuh mendapat perhatian merupakan enthok memiliki sifat ngambek andai telur yang dikeluarkannya di ambil. Maka caranya merupakan setiap hari kami wajib mengganti telur enthok yang dikeluarkan oleh itik dengan telur-telur  itik hingga dengan telur terbaru yang dikeluarkan enthok. Kemudian, bagaimana dengan telur enthoknya sendiri?

Salah satu alternative merupakan kamu dapat menjualnya, toh bakul jamu gendong bisa juga keliling juga pada ketertarikan pada telur enthok serta pada sebagian penikmat jamu telur enthok diyakini memiliki kasiat lebih khususnya untuk menjaga vitalitas tubuh.

Dengan mesin penetas telur

Penetasan telur itik dengan memakai mesin penetas telur pada umumnya lebih mudah sebab biasanya tata tutorial pengoperasian mesin tetas serta tutorial menetaskan telah ada. Buku panduan pengoperasian mesin serta tata tutorial pendek menetaskan telur biasanya ada andai kamu membeli mesin penetas telur.

Tata tutorial menetaskan telur itik tak sama sedikit dengan menetaskan telur ayam khususnya dalam faktor kelembaban (%). Kelembaban yang diperlukan untuk menetaskan telur itik lebih tinggi kurang lebih 5-10% daripada telur ayam. Tak sedikit opsi mesin penetas telur yang di tawarkan, ada yang memakai sumber panas dari lampu minyak tanah, bohlam (lampu dop), kawat nikelin, bisa juga memakai pemanas elemen megic  jar.

Tinggal anda pilih saja cara mana yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. Tetapi jika anda tinggal didesa saya yakin anda pasti sudah hafal mengenai hal ini.



ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI