Cara Mudah Menyusun Pakan Ternak Dari Limbah Pertanian -->

Translate

Cara Mudah Menyusun Pakan Ternak Dari Limbah Pertanian

Tak sedikit peternak yang tak jarang bimbang untuk menyusun ransum sederhana dengan bahan-bahan pakan limbah pertanian yang terdapat di daerah mereka. Biasanya mereka bimbang menentukan komposisi bisa juga persentase tiap bahan pakan yang bakal digunakan supaya sesuai dengan standart gizi pakan yang bagus.

Keyword, pengertian limbah, limbah industri, limbah pertambangan, pengolahan limbah industri, makalah limbah pertanian, pengertian limbah pertambangan, cara penanganan limbah organik, pemanfaatan limbah pertanian, teknologi pengolahan limbah pertanian, contoh limbah pertanian gas, dampak limbah pertanian, dampak positif limbah pertanian, manfaat limbah pertanian, contoh limbah pertanian brainly, contoh limbah pertambangan cair padat dan gas,
Ampas Tahu

Dalam menyusun ransum pakan ternak/sapi, salah satu yang wajib amatlah dipertimbangkan merupakan persoalan harga pakan. Tak ada gunanya pakan yang amatlah baik dengan kandungan nutrisi ideal tetapi harganya amatlah mahal serta tak memenuhi syarat kualitas hemat usaha. Harga pakan yang terlalu mahal bakal amatlah memberatkan usaha peternakan itu dikarenakan anggaran pakan mencapai 30% dari keseluruhan anggaran produksi.

Harga pakan wajib bisa mengcover kenaikan berat badan sapi jadi anggaran pembuatan bisa sesuai dengan estimasi harga penjualan. Berikut perlunya pilihan petunjuk sederhana menyusun ransum ternak yang terjangkau tetapi tetap memenuhi syarat gizi standart untuk pakan ternak. Peternakan sapi potong di Indonesia umumnya berupa peternakan rakyat yang berintegrasi dengan pohon pangan (smallholder crop-livestock system). 

Keyword, resep masakan ayam, resep masakan jawa, resep masakan sayur, resep masakan sunda, resep masakan sehari hari dirumah, resep masakan praktis, resep masakan indonesia tradisional, buku masak, resep masakan terbaru dapur umami, masakan malaysia, macam macam olahan ayam, resep masakan praktis untuk pemula lengkap, royco masak apa hari ini, bahan masak, resep masako, resep kue indonesia, resep dapur cobek, resep masakan indonesia gampang dipraktekkan, resep masakan cookpad, masakan asia, menu masakan rumahan 1 minggu, resep masakan royco all in one, resep koki shop, macam macam ayam goreng, resep masakan sehari-hari untuk 1 bulan, resep masakan buka puasa sederhana, www.royco.co.id tempe nugget, resep royco sosis asam manis, masakapahariini, masakapa, resep makanan royco, aneka olahan daging sapi dan resepnya, resep masakan indonesia sehari-hari sederhana, resep masakan praktis untuk wanita sibuk, Umumnya peternakan sapi merupakan petani yang juga menanam beberapa komoditas pohon pangan. Kondisi tersebut mencerminkan pentingnya integrasi antara pohon pangan serta sapi. Limbah hasil pohon pangan serta perkebunan bisa berubah pakan ternak dengan membenahi kandungan nutrisinya.

Bahan Baku Pakan Asal Limbah Pertanian

Limbah PertanianLimbah Agroindustri
Jerami PadiDedak Padi
Jerami JagungAmpas Tahu
Tumpi JagungAmpas Pabrik Roti
Jerami KedelaiBungkil Kelapa
Jerami Kacang TanahKedelai Afkir
Jerami Kacang Hijau
Kulit Kacang Tanah


Pakan sapi potong umumnya berupa hijauan bisa juga bahan pakan sumber serat. Faktor ini dikarenakandalam alat pencernaan ternak mengikutkan aktifitas mikroba yang tersedia didalam rumen. Oleh itu dikarenakan itu, dengan pengolahan limbah pertanian dalam bentuk complete feed bisa menolong dalam mememnuhi kebutuhan ternak itu dikarenakan complete feed adalah pakan lengkap untuk ternak ruminansia yang memeliki kandungan zat-zat makanan disusun serta diformulasi dengan-cara lengkap serta sebanding sesuai dengan kebutuhan ternak.

Pembuatan complete feed berbahan dasar limbah pertanian ini butuh disosialisasikan terhadap peternak supaya peternak sanggup menyediakan pakan untuk ternaknya dengan-cara mandiri jadi usahanya bisa berkembang biak serta mendapatkan pendapatan yang besar.
Bahan Pakan Ternak dan Sumber Nutrisinya:
  1. Bahan Sumber Energi (dedak padi, jagung, molasses)
  2. Bahan Sumber Serat (kulit kacang tanah, tongkol jagung, tumpi jagung)
  3. Bahan Sumber Protein (bungkil kelapa, tepung ikan)
  4. Bahan Sumber Mineral (gram dapur, tepung keong, dsb)

Ciri Bahan Pakan Yang Baik:
  1. Bahan yang dipilih mudah didapat
  2. Kontinyu ketersediaannya
  3. Tidak beracun
  4. Palatabel/diskusi ternak

Persentase Bahan Pakan Penyusun Ransum :
Dedak padi, tumpi jagung, bungkil kelapa, jagung giling, molases dan mineral mix.

Formulasi Pakan Penguat (Konsentrat)

BahanKomposisi (%)
Dedak Padi29
Bungkil Kepala35
Jagung Giling15
Tumpi Jagung15
Mineral Mix0,6
Molases5
Total100

Cara Pencampuran Pakan
  1. Bahan ditimbang sesuai formulasi 
  2. Bahan ditumpuk merata paling bawah komposisinya
  3. Kemudian dicampur dengan-cara merata (proses pencampuran dapat menggunakan_dengan sekop,bisa juga menggunakan_dengan mixer)
  4. Pakan Siap diaplikasi ke ternak

Pakan disusun dari bahan-bahan lokal yang gampang diperoleh petani.
Pakan terjangkau dibangun mengandung protein sebesar 15%. (Harga pakan bakal amatlah tergantung dari harga masing-masing bahan pakan penyusunnya yang biasanya harganya tak sama antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.   Pakan yang telah sehingga diberikan keternak sebesar 1-2  % dari Bobot badan. (Sumber data:http://sulsel.litbang.pertanian.go.id)


ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA CARI